Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
October 11, 2011

Positif ISK

Selama 39 minggu hamil, Alhamdulillah tiap ke dokter cuma pernah dikasih resep vitamin aja. Kecuali ya pas minggu 39 ini. Cek lab, darahnya normal, tapi urinanalisa aneh. Selaluu aja bermasalah di urin. Dulu juga gitu, suspect ISK. Eh ini lebih gawat lagi, awalnya suspect preeklampsia. Paniklah sayaa.. udah kebayang yg jelek2 preeklampsia itu dimana. Gara2 ada protein dalam urin, istilahnya proteinuria. Tapi Alhamdulillah tekanan darah masih normal, jadi Budokter masih mikir ini false positive, disuruh cek lagi minggu depannya.

Dasar sayanya parno yah, ga sabar nunggu, jadinya beberapa hari setelah itu langsung ke lab Pr*dia deket rumah buat cek urin. Sengaja ga di KMC karena udah tau harganya mahal dan mikirnya ga gitu profesional, lha ngasih hasil ngaco mulu sih, sampe dokternya ga percaya terus. Klo Pr*dia emang spesialis lab kan.. dan bener aja lho, di RS itu tes urine lengkap Rp. 63000, di Pr*dia cuma Rp. 34000... hampir 2x lipatnya!!

Setelah dapet hasilnya dari Pr*dia (halah cape ngebintang2in) malah tambah aneh lagi.. Protein tetep + tapi ini ditambah ada darah juga. Hadehh.. SMS Budokter, langsung besoknya disuruh ketemu dia. Dateng2 dapet nomor antrian 12 ajaahh T_T nunggu dari jam 2.30 sampe jam 6, begitu masuk kata Budokter "Tadi dipanggil2, maksudnya saya cuma mau liat hasil labnya aja!" Meaning: saya ga perlu nunggu lama2 untuk konsul dan ujung2ny bayar mahal, karena dia cuma mau liat hasil lab dan ngasih advis berdasarkan itu. Yahh T__T lagiii.. Yg bete si Akang lah yg harus bayar mahal2 buat konsul padahal cuma sebentar, Babybee juga cuma diliat denyut jantung pake Doppler dan saya diukur tinggi rahim dan diraba2, jadi ga USG. Intinya: disuruh ngulang lg tes labnya di KMC biar langsung dikasih ke dia hasilnya. Karena kalo ada darah dan protein, artinya itu protein dari darah (darah mengandung protein), nah si darah ini dapet darimana, kemungkinan infeksi, tapii leukosit dan leukosit esterase normal, berarti diragukan infeksinya. Ribet, ribet dah.

Besoknya, ditelpon sama poli KMC, katanya ada resep dari Budokter, disuruh diambil. Baru bisa kesana sore pas supir Mama balik dari bengkel. Ternyata positif infeksi saluran kemih alias ISK, leukosit langsung tinggi dan leukosit esterase juga positif. Kata susternya, di farmasi KMC ga ada obatnya, jadi harus cari diluar. Karena kemalaman, jadi besok aja (hari ini) cari resepnya. Dan hari ini udah ke beberapa apotek yg cukup terpercaya (K-24, Century, Kimia Farma, dll) ga ada yg punya tu resep. Karena saya mulai ga enak badan, agak demam2 (yg disebabkan karena infeksi ini spertinya), jadi memutuskan pulang dan SMS Budokter untuk nanya dapet obatnya dimana dan minta alternatif kalo emang ga nemu2. Sampe sekarang belum dibales. T_T

Lalieur ah... tp harus tetap semangat dan optimis! Demi Babybee yah.. udah detik2 terakhir ga boleh down, harus saving tenaga dan konsentrasi buat membawa dia ke dunia dengan aman.. semoga.. aminn!

Oya, moral of the story: Jangan pernah deh nahan2 pipis, semalas apapun.. pas kena ISK ternyata ga enak yah. Awalnya sih ga nyadar gejalanya, tapi sekarang mulai kerasa ga enak nih dibawah sana, belum lagi ya sering pengen pipis, keluarnya tapi dikit2, terus udah keluar, eh pengen lagi.. ga nyaman deh. Awalnya kirain karena emang hamil gede ditekan kandung kemihnya sama Babybee, tapi ternyata gejala ISK juga T_T Tapi Alhamdulillah ya Allah bukan preeklampsia, InsyAllah ISK bisa sembuh dengan minum yang buanyakk dan diterapi antibiotik, oh sama minum jus cranberry.

0 comments:

Post a Comment