Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
September 22, 2011

Braxton Hicks alias Kontraksi Palsu: Penyebab dan Penanganannya

Braxton Hicks atau kontraksi palsu sudah jadi konsumsi sehari2 nih sekarang. Dari mulai minggu 30an kayaknya, eh engga deng pernah minggu 27-28 gitu udah mulai, tapi sebentar, trus ilang. Tapi masuk 8 bulan beuhhh... itu udah rutin deh.

Yang paling sering kerasa ya gejala si perut kenceng itu. Sekarang frekuensinya makin sering, dalam sehari bisa lebih dari sekali, yah 2-3 kali lah rata2, kadang bisa lebih. Kadang kalo parah, sampe mules2, tapi minimal ya perut kenceng yang nggak nyaman itu. Ini bisa dari cuma beberapa menit sampai berjam2 sakitnya T_T

Setelah diperhatikan, ini beberapa penyebabnya dan cara saya mengatasinya:

1. Kelamaan berada dalam 1 posisi, misal kelamaan duduk, berdiri, atau jalan
Kalo udah gitu, cara menghilangkannya dengan pindah posisi. Jadi kalo kelamaan duduk, ya berdiri dan jalan2 sebentar, nanti hilang. Kalo kelamaan berdiri, ya duduk sebentar, tapi paling manjur sih berbaring miring. Kalo ga bisa baring ya duduk sambil dielus2 perutnya, biasanya hilang.

2. Kurang minum
Satu lagi penyebabnya yaitu kayaknya kalo kurang minum, jadi minum banyak air bisa mengurangi atau menghilangkan Braxton Hicks ini.

3. Berhubungan suami-istri
Kayaknya udah sering ya dikasihtau kalo berhubungan suami istri itu memang memicu kontraksi, jadi disebut sebagai induksi alami buat melahirkan. Kalo Babybee masih 36minggu, lihat aja di ticker di atas post ini:


Jadi konon kalo mengalami orgasme, maka akan memicu kontraksi pula. Hehe, jadinya kemaren2 libur dulu karena saya takut kontraksi sebelum waktunya ;) Kalo udah full term, boleh deh dicoba lagi ^_^v

4. Nahan pipis
Yaa ini emang ga boleh ya.. tapi tau sendiri sering banget pengen pipisnya, kadang malees harus bolak balik ke WC. Kalo udah nahan pipis gini biasanya perut ikut kenceng deh, protes kali ya. Cara mengatasinya ya harus dikosongin itu kandung kemihnya.. biasanya setelah itu normal lagi perutnya. Hihi, dasar Mama bandel.

5. Pergerakan Bayi
Apalagi sekarang, kerasa banget Babybee udah gede yah.. kalo bergerak endeuss banget rasanya, apalagi kalo udah mulai nyundul2, itu bagian bawah saya (tempat keluarnya Babybee alias Miss V) sampe semriwing2 gimanaa gitu dibuatnya (alias ngiluuu). Nah kalo yang ini kayaknya seringnya kerasa pas malam, jadi terbangun dari tidur dengan perut kenceng yg ga nyaman, yang mungkin karena Babybee gerak2. Soalnya biasanya kan kalo berbaring perutnya jarang kenceng, kecuali kalo pas tidur itu, jadi culprit-nya pasti Babybee nih. (yee nyalahin anak!) Meskipun kadang kalo posisi bayi disuatu sisi tertentu dalam perut, pasti bakal kenceng bagian perut yg ada bayinya itu. Kalo saya sih seringnya di kanan. Kata bidan yg ngajar senam hamil kemarin sih itu bukan kontraksi kalo kencengnya sebelah, emang bayinya lagi ngulet. Jadi suka saya pencet2, kalo di satu sisi kenceng, di sisi lain enggak, artinya perutnya lagi ditempelin si anak, bukan lagi kontraksi. BTW, hampir selalu ya Babybee ada di kanan, sesuai dengan kata Enin (nenek saya) yg bilang kalo bayi cowok, pasti seringnya ngendon di kanan. She's a very reliable source, karena hamilnya 17x bo, meskipun cuma bisa melahirkan 15 anak (cuma?!?!). Mari kita lihat kalo saya hamil baby girl nanti apa sering ada di kiri dia ;)

6. Kecapean
Ya mungkin berhubungan dengan no. 1 dan no. 2 diatas, kalo kecapean juga pasti kontraksi deh. Kaya waktu itu pas Lebaran kecapean berdiri karena masak, eh perut kenceng. Terus abis olahraga misalnya, atau ngangkat beban berat, ya kontraksi juga. Solusinya, seperti no. 1 juga, biasanya direbahin aja tubuhnya, dibaringkan dengan posisi miring, sambil dielus2. Katanya kalo mandi air hangat atau berendam juga membantu, sama relaksasi (ala hypnobirthing kali maksudnya ya).

7. Stimulasi Payudara
Ini ketinggalan padahal penting hehe. Jadi ternyata stimulasi payudara (terutama puting) akan membuat tubuh memproduksi hormon oksitosin yang menyebabkan kontraksi. Sebenarnya hormon ini juga berperan dalam keluarnya ASI (CMIIW), jadi semakin banyak hormon yg diproduksi, semakin banyak ASI-nya, kalo nggak salah ya. Maka dari itu, Budokter malah nggak menganjurkan untuk pijat payudara saat hamil demi memperlancar ASI karena resiko kontraksi tadi. Waktu senam hamil juga, bidannya bilang hal yang sama, perawatan payudara selama hamil cukup dibersihkan selagi mandi seperti biasa aja, tidak usah dipijat/dipencet2 gimana gitu, meskipun ASI sudah keluar. Oya bidannya juga bilang, kadang ada dokter yang nyuruh untuk kita pilin2 puting (ih jadi porno gini ah XD) pas habis lahiran supaya perut kontraksi dan mengeluarkan plasenta. Tapi kalo lagi IMD mungkin ga perlu kali ya, kan nanti si bayi yang akan menghisap di puting kita. Jadi saat hamil jangan sering2 stimulasi payudara gini yah, baik oleh bumil ataupun bapaknya si bayi hehe.

Saking udah seringnya kontraksi palsu (yang mana saya nulis post ini juga lagi kenceng2nya ni perut) kadang suka dibiarin aja. Pas awal2 panik, begitu kerasa langsung harus diatasi.. lama2 wae lahh.. haha. Semoga ga kenapa2 ya. Katanya sih, kalo sering kontraksi palsu ini artinya rahim lagi mempersiapkan diri untuk proses lahiran yg sebenernya, jadi kalo sering begini, karena rahim sudah terbiasa, pas kontraksi beneran nanti proses lahirannya jadi lebih lancar (maksudnya bukaan panggul lebih cepat waktunya dari 1 sampai 10). Amiin amiin amiiin.. semoga saja ya! Apalagi dibantu hypnobirthing, semoga bisa deh melahirkan tanpa rasa sakit. Amiin Ya Allooohhh!!!

PS: Rincian diatas semata2 pengalaman saya pribadi.. bukan pendapat ahli ya. Jadi kalo nggak setuju silakan, karena baru dialami oleh saya aja kok jadi ga bisa dijadiin patokan juga, meskipun kebanyakan sih memang begitu ;)

4 comments:

  1. hwoaaa tenang deh gw sekarang. gw sekarang setiap pagi pasti anak kenceng di kanan wichi. padahal suka gw pindah2 tidurnya. miring kiri atau kanan. tapi teteep kenceng di kanan. berarti normal ya? alhamdulillaaahh..

    ReplyDelete
  2. Wah baru tau kalau stimulasi payudara bisa bikin kontraksi..makasi infonya ya

    ReplyDelete
  3. Saya 2 hr ini kebangun subuh2 jam 2an gt krn tiba2 perut bagian atas sakit kenceng mulas gt... terus ilang trus dtg lagi... sampe jam 5 pg ap itu yg namanya kontraksi palsu?

    ReplyDelete
  4. Pas googling dpt artikel ini lg kontraksi palsu nih.. Kecapean kerja trus perjalanan naik kereta berdiri melulu. Sampe deg2 ini perut kenapa, msh 32mgg jgn keliar dl dong dek.. Suakitnya mules2. Alhamdulillah udh mendingan dipake du2k trus elus2 perut. Sama sholawatan, sm baca artikel ini, langsung anteng perutnya.. Makasih pengalamannya yah..

    ReplyDelete