Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
October 12, 2011

Positif ISK part 2: Balada MONoURIL

Yak, cerita kelanjutan keriweuhan setelah didiagnosis positif ISK. Sudah keliling ke apotek2 tidak ketemu juga obat yang dicari, terus SMS Budokter siang2, tidak dibalas juga. Mau nelpon, udah kadung malas duluan. Akhirnya pagi ini saya SMS lagi, dan langsung dibalas. Dia minta maaf katanya kemarin sudah nulis SMS tapi gak terkirim. Jadinya saya disuruh cari Monouril sachet (instead of syrup), kalo tidak ada Amoxan 3x500mg untuk 5 hari. Yah elah, kalo dari dulu boleh pake Amoxan mah ga usah repot2 yah bumil kepanasan keliling2 apotek nyari2 obat Monouril ituh!

Tapi penasaran juga nih.. Budokter nyaranin ke Kimia Farma atau Melawai. Di Kimia Farma Pasar Minggu udah pasti ga ada, kemarin kan udah kesana dan tadi udah telpon, yang sachet juga mereka gak punya. Akhirnya browsing2 ternyata ada Apotek Melawai di Pasar Minggu (deket lampu merah Duren Tiga), dan pas telpon kesana ada Monuril sachet.

Oh ya, ternyata oh ternyataaa.. itu obatnya M-O-N-U-R-I-L bukan M-O-N-O-U-R-I-L! Gubraks! Pantas saja pas Google obat itu kok ga nemu2 (awalnya malah saya pikir itu monoVril, udah coba spelling "monuvril", "monavril", dll.. tetep ga ketemu). Jadi ketemu spelling yg benernya pas googling "monouril", ada hasil yg bilang itu antibiotik jenis fosfomycin. Googling "fosfomycin", ketemulah "Monuril" ini. Minta pembantu cowok di rumah beliin ke Melawai setelah nelpon Akang nanya boleh nyetir kesana apa ngga (jawabannya so pasti "Nggak!" ditambah "Perut udah segede itu, tinggal brojol.. mana lagi infeksi pula!" Kekekekek...). Inilah bentuk si obat ribet ini:

Minumnya cukup 1 sachet ajah dilarutkan dalam segelas air, katanya rasa jeruk pula, hebat kan, ga perlu deh minum amoksisilin 3x1 selama 5 hari, kasian Babybee terpapar antibiotik sebanyak itu. Makanya ngotot nyari Monuril karena minumnya cukup 1x aja.Tapii.. begitu liat struknya.. harganyaaa Rp. 179ribu sajaahh! T__T Jauh lebih murah beli Amoxan untuk 5 hari sih. Tapi ini obatnya emang khusus untuk pengobatan ISK pada wanita, khususnya ibu hamil banyak diresepin ini. Jadi ya sudah, kita relakan saja, semoga manjur obatnya.

Sampe sekarang belum diminum sih, karena katanya perut harus kosong dan dianjurkan sebelum tidur minumnya, jadi ntar malam aja. Mudah2an beneran jadi hilang bakteri2 jahat ituh. Amiin.

Oiya, sampai sekarang sih tidak terlalu terasa kalo ada infeksi.. kadang sih emang pas pipis suka sedikit nyeri, tapi ga tau ini perasaan atau emang beneran hehe. Kalo soal sering ke belakang sih itu pasti yah, tapi kan normal di trimester 3 gini karena tekanan si bayi. Terus katanya sakit di perut bawah, lha ini saya pikir juga karena efek hamil, dulu juga pernah dijelasin dokter karena rahimnya membesar ada otot2 yg meregang jadinya nyeri (ada namanya tapi aduh lupa apa). Kemarin juga ada demam/meriang dikit, nah ga tau itu karena infeksi atau karena stres abis panas2an nyari obat ga nemu2 huahaha. Soalnya begitu suami dateng dan disayang2 (ehm hehe) jadi mendingan tuh :p Yang jelas sekarang yg kerasa dibawah sana adalah nyeri di tulang pubis alias tulang kemaluan, kerasa banget kalo lagi tiduran terus bergerak, apalagi kalo dari tidur trus bangun dan berjalan. Wuidihhh... Kata dokter itu normal karena tekanan bayi. Pas browsing2 kayaknya ini namanya symphisis pubis dysfunction yang disebabkan oleh melunaknya tulang pelvis karena persiapan kehamilan, juga dia kayak meregang gitu, jadinya nyeri deh. Hoooh.. pokoknya makin tidak nyaman deh di bawah sana... tapi ikhlas, sabar, no complaining.. it's all part of the journey ;-) <-- hamdalah sekarang udah tenang, kemaren2 panik minta ampun sakit2 begini hihi, you know what they say, in order to see light we must know what darkness is like (apeuuu...)

4 comments:

  1. Malam mbak...bulan ini hasil MC saya sedimen urin mengandung bakteri terus saya diberi resep Monuril 3grm Zambon...Saat ini saya lagi hamil muda..itu berpengaruh ma janin gak ya??Sampai sekrg obatnya blm saya minum..Soalnya saya ragu...hehe..Menrt pengalaman mbak gmn???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy dlu minum ga ad efek apa2 k janin sih.. Lbh bahaya kl ISK ga diobati krn bakteriny bs naik k rahim&infeksi k janin atw stlh lahir janin jd bs kena ISK jg. Monuril ini emg aman bwt bumil sptny mkny qt diresepin ini.

      Delete
  2. karena itu antibiotik maka saya ragu..dan lagi cari info...mbak...
    Oiya mbak waktu dulu saya ambil sampel urin kok gak dibilangin ambil sample urine midstream ya?? sama susternya....
    Takutnya itu bakteri vagina bukan bakteri urine..dan saya gak ada gejala apa - apa sih...kencing juga lancar lancar aja....
    Dulu mbak taunya ISK gmna???
    Thanks ya..mbak....ats sharingnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udh cek lab berulang2.. Tp emg hampir tiap cek lab hasilny ada bakteri. Dokter memvonis ISK ga bdasarkan positif bakteri aja krn hasil bakteri positif bs jg dr perlakuan yg tdk steril saat pngambilan sampel urin. Aku dibilang positif ISK stlh nilai leukosit dan leukosit esterase yg biasany normal lgsg melonjak tinggi mnandakan ada infeksi dlm tubuh. dokterku jrg bgt kasih obat,biasany dsuruh minum yg banyak spy bakteriny tersapu air kencing..cm ini mgkn udh parah krn sempet ada darah jg (dihasil lab bgitu,klo visually aku sih ga liat).

      Delete