Tuesday 18 October 2011

Enin

Enin, begitu saya menyebut nenek saya dari ibu. Beliau adalah salah satu sosok yang saya kagumi. Terlebih lagi saat saya hamil, saya jadi semakin kagum sama beliau. Mengapa? Karena beliau pernah hamil hingga 17 kali! Yang dua pertama tidak dapat lahir, tapi beliau berhasil melahirkan dan membesarkan 15 orang putra-putri bersama kakek saya. Respek saya untuk beliau makin besar sekarang saya hamil, tiap saya merasakan keluhan-keluhan yang tidak enak, saya teringat Enin yang mengalami ini selama 17 kali dan malah jadi tambah kuat, jadi saya tidak ada apa-apanya dibanding perjuangan beliau dulu :)

Beliau wanita sederhana yang dinikahi kakek saya saat berumur 16 tahun. Di usia yang belia itu beliau sudah menjalankan peran sebagai istri, kemudian ibu, dan hidupnya seputar keluarganya yang berjumlah 17 orang itu. Tapi wanita sederhana ini berhasil membesarkan 15 orang anak yang semuanya Alhamdulillah bisa dibilang sukses. Sekarang dari 15 orang anak, tidak terhitung jumlah cucunya, terakhir sih kalau tidak salah hampir mendekati 100 lho dengan para mantu, belum lagi cicit-cicitnya! :D

Sekarang Enin tidak muda lagi. Usianya sudah 80an tahun. Hebatnya, beliau masih segar bugar, ingatan masih kuat dan stamina juga. Beliau masih kuat berada di sawah, sayang anak-anaknya tidak mengizinkan lagi karena di kampung dia sendirian tanpa ada yang menemani (Aki sudah meninggal dari tahun 1987). Dulu saya berdoa beliau bisa melihat saya wisuda, Alhamdulillah dikabulkan, lalu saya menikah, dan sampai sekarang akan punya anak saya juga berdoa beliau bisa mendampingi dan melihat anak saya.

Semoga Enin selalu sehat sentausa dan dilindungi Allah subhanahu wata'ala. Amiin ya rabbal 'alamiin.

1 comment:

  1. Wichi...ini enin yang di Majalaya tea? Alhamdulillah masih sehat. Jadi inget dulu maen ke sana ketemu kucing "SI Ganteng" tea hehehe

    ReplyDelete