Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
October 06, 2010

Mengumpulkan Amal Jariyah - teaching at TPA IISB

It's Wednesday and I am already preparing the lesson plan and finding resources for TPA IISB on Sunday. Since before I even came to Brisbane, I was already asked to teach these children. TPA stands for Taman Pendidikan Al Qur'an or Sunday School, like the one Christian children go to in church, Muslim children go to TPA in the mosque. Originally it is not always on Sunday, it can be anytime, not always weekly as well. Usually in Indonesia we go to TPA after school to learn religion. In Brisbane, under Indonesian Islamic Society of Brisbane, we service the Indonesian Muslim children to learn about Islam, because in school they don't have Islam as a subject (not like in Indonesia), unless they go to an Islamic school. But most children who go to TPA are children of students who don't go to Muslim schools but to a regular state school, or children of Indonesian workers or permanent residents who also don't get religious knowledge in school.

Aaanywaay.. I just want to share my experience teaching children at TPA. Now I'm not a children person. I can never feel comfortable around children, except probably when I get to have one. I don't get much exposure to little kids so I never know how to act around them :D So when at first I was asked to teach in the Kelas Balita (under 5's) I was a bit concerned.. luckily my husband -- who taught in the boys class -- suggested I teach English Class instead. With an IELTS score of 8.5 (pameer.. hehe) I think I can manage that!

Ternyata oh ternyata.. (loh ganti bahasa..) Di kelas Bahasa Inggris itu terdiri dari anak2 Indonesia yang sama sekali atau sangat sedikit sekali bisa Bahasa Indonesia, dan pengetahuan tentang Islam pun sangat minim karena mereka lahir dan besar, atau sebagian besar hidupnya dihabiskan di Australia dan orang tuanya pun jarang atau nggak pernah ngasih pengetahuan agama Islam ke mereka. Di English Class ada 12 orang, dengan range umur antara 6 sampai 15 tahun. Nah bingung kan gimana ngajarinnya. Tingkat pengetahuannya pun beda-beda. Ada yang udah bisa baca Al Qur'an sampai yang buta. Mau ngajarin pake metode ke anak kecil, yang gede ga nyambung. Mau diseriusin, yang kecilnya bingung dan ga merhatiin jadinya. Untung dibantu 2 guru lain, tapi mereka kemarin sempet liburan, dan saya sendiri ngajarnya. Megap.. megap.. deh.. Jadinya, saya harus mikir 7 keliling buat ngasih materi apa dan kayak gimana sebelum kelas berikutnya. Karena saya juga bukan guru, apalagi guru agama.. Dulu pernah ngajarin les itupun ogah2an (hehe maap ya Fitri..) karena bingung jelasin Kimia, Fisika dan Matematika.. trus mau ngajarin sepupu di rumah yang mau UAN juga yang ada dia bingung dijelasin sm gw yg bingung, hehe. Ternyata, saya lebih pede ngajarin alif-ba-ta-tsa dan Iqra, nyeritain tentang kisah nabi dan akhlak Muslim yang baik.. daripada ngajarin Kimia yang saya punya ijazahnya :p

Nah, minggu kemarin saya datang ke TPA. Disana sepi, padahal udah datang telat karena mampir ke Museum dulu. Udah mau ga dateng aja tuh awalnya, cape abis seharian jalan2 sampe negara bagian sebelah (New South Wales, di perbatasannya sih.. Tweed Heads), mana saya yang nyetir pula.. tapi namany juga ibadah.. niatnya ibadah, ngumpulin amal jariyah :) Udah punya feeling bakal sepi karena ada Pesta Rakyat (semacam perayaan 17 Agustusan, tp diundur karena kemarin pas puasa 17annya). Dan bener aja, sampe sana sepi, udah ada  beberapa anak yang pulang. Tapi salah satu guru tetep mau ngejalanin, dan nyuruh saya bimbing baca Iqra untuk salah satu anak perempuan kelas 2 SD, Vila. Ternyata anak ini enak diajak ngobrol, Bahasa Indonesianya bagus, Inggrisnya juga okeh. Jadi nyambung deh. Terus ada temennya dateng, si Farsya. Masih Prep (umur 5 tahunan), tapi udah Iqra 5. Sementara si Farsya saya bimbing baca Iqra, si Vila dikasih Word Search tentang Shalat yang udah saya siapin buat murid saya di English Class. Vila senang sekali, sampe berterimakasih sama saya dan mengerjakan word searchnya dengan giat. Hehe. Udah gitu saya kasih mereka worksheet tentang urutan shalat dan urutan wudhu. And they enjoyed it very much. Aduuh senang yaa kalo kaya gituu.. soalny murid saya di English Class tanpa ekspresi semua. Kalopun ada yang pinter, ngomong mulu, yang lainnya diem. -.-"

But, hopefully next time, I can make the lesson as enjoyable as last week.. meskipun saya ga dapet ngajar Vila dan Farsya lagi.. hiks.. they're such lovely and bright girls.. aduh... seneng deh...

Saya sangat terbantu dengan situs ini, Worksheets for Kids, yang menyediakan worksheet Arabic alphabet, karena besok materinya Arabic Writing, kisah Nabi Isa A.S. dan setor hapalan. Jadi dengan worksheet ini saya ga bikin mereka bosan, mudah2an... dan saya siapin dari sekarang biar bisa diprint gratis di kantor huwehehee..

Semoga saya bisa mengajar dengan baik... itung2 siap2 buat ngajarin anak sendiri... Amiinn..

TPA IISB 2010 performing at Halal Bi Halal September 2010

0 comments:

Post a Comment