Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
October 18, 2010

Wichi's Cooking Capers: Chuck Steak Roast

Dulu di blog yang lama ada bagian bernama Wichi's Cooking Capers yang mendokumentasikan petualangan Wichi di dapur, hehe. Sekarang sebagai ibu rumah tangga sayapun jadi harus memasuki dapur setiap hari. Waktu belum menikah, saya paling sering ke dapur pas tinggal di Australia sendirian.. karena mau makan ya harus masak, berhubung makanan susah didapat dan muahal. Setelah menikah, saya diboyong kembali oleh suami ke Australia dan harus masuk dapur.

Awalnya agak kaget juga harus masak tiap hari. Bukan apa2, capek bo. Rata2 saya menghabiskan waktu 2 jam untuk masak 2 jenis masakan yang terdiri dari lauk berupa daging2an dan sayuran. Itu belum termasuk waktu di dapur buat cuci piring, dan nyiapin sarapan atau bekal makan siang saya dan suami kalo suami ke kampus dan saya kerja. Apalagi awal2 mulai masak langsung puasa.. beuhh... tantangan banget dah masak sore2 pas lagi kritis2ny puasa, udah gitu ga bisa diicip2 lagi masakannya.. masih newbie kan feelingnya belum terasah dengan baik, ga ngerti takaran yang pas gimana. Akhirny suami suka nambahin bumbu lagi pas mau dimakan karena seringkali ga ada rasanya. Huehehehee..

Anyway, sekarang sih udah mendingan. Untuk mengatasi capek udah dibeliin bangku kecil di Ikea, jadi pas motong2 or ngulek2 bisa sambil duduk. Trus udah mengubah mindset jd setiap capek dipikirnya ini ibadah yang dapet pahala berlimpah dari Alloh, amiin. Trus mengatasi kekecewaan respon suami terhadap masakan, sekarang udah mulai kenal selera suami, udah tahu dia sukanya dan ga sukanya apa, dan kalopun ga suka, udah ga kecewa dan rewel lagi. Hehe. Dan emang udah terbiasa aja ya di dapur, meskipun ga enjoy 100% and I wouldn't say cooking is my passion.. yet.

Hari ini saya coba nggak masak masakan Indonesia, tapi masakan Barat. Hehe gaya. Gara2 beli chuck steak yang murah di butcher, tapi ga tau gimana cara masaknya. Biasanya kalo daging sama saya disemur atau dibikin kare. Kalo steak ya dibakar. Tapi chuck steak ini denger2 sangat alot, kalo dibakar pasti jadi tambah alot. Makanya nge-google dan ketemu resep bikin chuck steak yang gampang dan ga repot di sini.

Hasilnyaaa:
Lumayan lah.. ini belum dikeluarin dari aluminium foilnya dan belum disajikan di atas piring.. nunggu nanti malam aja pas mau dinner. Sekarang udah ditutup lagi sama aluminium foil biar tetap hangat. Rasanya oke, meskipun kayanya nanti harus ditambah garam lagi, karena lidah suami Indonesia banget, garamnya harus berlebihh.. Kalo makanan Barat rata2 ga asin, gurih dan berbumbu kan. Overall, I am happy with this chuck steak roast. Yang penting ada rasanya, trus si dagingnya jadi empuk, dan sehat masaknya karena ga pake minyak!

Resepnya kurang lebih sama dengan yang disitus itu, tapi saya modifikasi ala Indonesia dikit:

CHUCK STEAK ROAST

Bahan:
1 kg chuck steak
2 bh wortel, potong kotak2
2 batang celery, iris2
1 bh kentang ukuran besar, potong kotak2
2 sdm mentega
garam
paprika/cabe bubuk


bumbu halus:
1 bh bawang bombay
4 siung bawang putih
3 bh kemiri
lengkuas, ketumbar, garam ga ditakar, pake feeling aja :)


Cara masak:
1. Siapkan aluminium foil di atas baking pan, letakkan potongan steak diatas aluminium foil. Oleskan bumbu halus diatas daging.
2. Letakkan potongan sayur diatas daging, lalu percikkan mentega (kalo cair) atau sebarkan potongan mentega (kalo padat).
3. Taburi dengan garam dan paprika atau cabe bubuk.
4. Tutup dengan aluminium foil, bisa beberapa lapis yang penting kuat untuk menahan air keluar dari roast nya.
5. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 210 derajat celcius.
6. Panggang dalam oven selama 1,5 jam sampai empuk.

0 comments:

Post a Comment