Saturday 23 October 2010

Cooking Capers: Mie Ayam Jamur Pangsit



Kira2 dua hari yang lalu, si Eneng dan Akang ngidam mie ayam. Nge-google resep ada yang tampak gampang bikinnya, ada yang ribet. Jadi hari ini, setelah pergi keluar beli mie telor, saos tiram dan kulit pangsit, saya memutuskan untuk bikin mie ayam, mumpung kemaren masih ada sisa ayam rebus bekas soto ayam.

Resep yang dipake? Akhirnya saya memutuskan bikin sendiri, pake bahan2 yang kira2 saya tau bakal buat rasanya oke. Padahal ini ngasal loh. Ternyata jadinya enak, Alhamdulillah, beneran kaya mie ayam profesional, halah. Suami sampe merinding disko saking mantapnya.. hihi.. Alhamdulillah.

Jadi mau saya abadikan sebelum lupa resepnya.

Ini resepnya:

Bahan:
Paha ayam, rebus, ambil dagingnya dan potong dadu/suwir2
Kaldu ayam dari merebus ayam
Sawi hijau secukupnya, rebus hingga hampir matang
2 batang daun bawang
Kecap manis
100 ml saos tiram
5 sdm jamur kalengan
3 siung bawang putih, cincang halus
Kulit pangsit, direbus dan digoreng
Garam secukupnya
Merica secukupnya


Bumbu halus:
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
5 butir kemiri sangrai
1 sdt ketumbar
1 sdt jahe


1. Kuah mie: rebus kaldu ayam, masukkan daun bawang, tambahkan garam dan merica dan bila perlu penyedap rasa. Ambil kulit ayam dan lemak ayam dan letakkan di atas penggorengan bersama bawang putih cincang hingga keluar minyaknya (jika tidak keluar, celupkan kulit ayam ke dalam rebusan kaldu). Rebusnya jangan terlalu lama, jangan sampai daun bawang berubah warna.


2. Ayam: Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan ayam suwir dan jamur, tambahkan 2 sdm kecap manis, tambahkan garam secukupnya. Aduk dan masak hingga harum dan matang.


3. Rebus mie hingga matang.


4. Siapkan 1 sdt minyak, sedikit garam dan merica, sedikit kecap manis dan saos tiram ke dalam mangkuk. Masukkan mie yang telah direbus dan aduk merata. Tambahkan sawi hijau, pangsit goreng, ayam dan bawang goreng di atasnya.


5. Masukkan kuah mie dan pangsit rebus ke dalam mangkuk kecil. Mie ayam siap dihidangkan. :)

Sebenernya masih banyak yang bisa diperbaiki.. kalo pake kecap asin kayany lebih mantep rasanya, ga harus banyak2 pake garam. Terus si pangsit ini kulitnya aneh, susah matengnya pas digedein apinya eh gosong -_-" sama kalo dilihat secara seksama si sawinya juga kematangannya, jadi ga gitu crunchy2 gitu pas dimakan. Oiya kalo ga mau daun bawang dicampur di kuah, bisa dirajang dan ditaburi di atas ayam. Jadi kuahny bening gitu. Punya saya agak2 keruh hehe.

Overall menurut saya bikinnya termasuk mudah, ga cape.. so me likey!! :)

0 comments:

Post a Comment