Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
August 01, 2011

Marhaban Ya Ramadhan.. A Reminiscence

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA... SEMOGA BULAN RAMADHAN KALI INI PENUH BERKAH BUAT SEMUA! Amiiinnn....

Alhamdulillah.. masih dipertemukan lagi dengan Ramadhan tahun ini. Seperti Ramadhan tahun2 sebelumnya, tahun ini pun spesial karena saya ga puasa sendirian...tapi sama Babybee dalam perut. Selain itu, karena puasa pas hamil berarti ga coming moon jadinya kalau Babybee berkenan, kami bisa tamat puasanya.. which is a history in itself karena seumur2 belum pernah ngerasain tamat puasa, soalnya udah didatengin tamu bulanan dari umur 10tahun yg mana blm kuat puasa penuh jaman kecil itu.

1-2 bulan menjelang puasa udah latihan dgn bayar utang puasa.. Alhamdulillah lancar jaya. Cuma kadang2 pas puasa seringnya bobo2an aja ga ngapa2in, takut kecapean, haha.. jadi weh kuat2 aja org dikasur seharian wkwkw.. Disyukuri aja, pas puasa, pas lg ga banyak kegiatan alias pengangguran, jadi ada pilihan istirahat.. meskipun sebenernya pengen produktif juga biar tambah berkah.

Ramadhan tahun ini jg spesial karena akhirnya bisa puasa dan Lebaran di tanah air tercinta juga setelah absen 3 tahun. Tahun 2008 pas baru mulai S2 di Aussie, ga pulang Lebaran karena didatengin Mama dan Ade ke Brisbane. Tapi puasa ga sendirian, karena housemate-ku org Melayu Singapur jadi ada temen sahur dan buka..kita masak dan makan bareng.. klo males, buka puasanya di musholla kampus karena gratisan hehe. Tahun 2009, pas puasa sempet ke Indonesia tapi ga ke rumah, karena agendanya fieldwork untuk thesis di Salatiga 10 hari, nginepnya di mess di Ungaran, sahur dan buka sendiri dikamar tiap hari.. pas udah di Brisbane jg sahur sendirian karena housemate waktu itu orang India yg ga puasa.. kalo buka puasa sih kadang ditemenin Akang. Pas Lebaran juga, saya masak opor dan makanan Lebaran lainnya, dinikmati berdua di balkon apartemen bersama Akang :)

Nah tahun 2010 itu terindah sekaligus terberat, haha. Tepat 1 Ramadhan saya sampai di Brisbane, setelah pisah sama suami yg baru dinikahi 3 minggu gara2 visa saya telat jadinya (yaiyalah, ngurus visanya harus pake kartu keluarga dulu karena visa dependant..jadi abis nikah rempong ngurus KK baru apply lg). Sahur dimasakin Akang, hari pertama puasa dan hari pertama di Brisbane, langsung belanja kebutuhan sehari2 buat puasa, sorenya langsung masak buat buka. Jadi istri baru harus perform di bulan Ramadhan (especially di dapur) di negeri orang tanpa bantuan siapa2 itu susah banget lhoo.. Drama queen deh jadinya, sering berurai airmata..saking stressnya sampe sering migren daan tiap hari yg namanya gastritis/maag/GERD pasti kambuh jadi tiada hari tanpa minum antacid :( Saya kan jarang masak sebelumnya, kecuali terpaksa pas tinggal sendiri, itupun masih tergolong jarang soalny dapet housemate2 yg suka masak dan memberi..jadi seringnya dimasakin haha. Eh ini ujug2 harus masak tiap hari..pas puasa pula...udah mah amatir, masakannya ga bisa dirasain lagi, dan sore2 pasti jam2 kritis gitu kan.. haha stress deh. Tapi tetep indah dan menakjubkan (halah) because I spent it with my husband.. and I can't be more thankful for that. :) Oiya, waktu itu puasa pas winter.. yah mending sih karena jam5an udah Maghrib.. tapi dinginnya itu bikin lapernya extra loh! Dan harus bangun sahur di suhu yg 1 digit derajat celcius (meskipun ga sampe minus sih) itu perjuangan banget..apalagi klo harus nyiapin makanan.. brrrr....!! Tapi lebih berat puasa pas summer sih, disana panasnya ampun2an plus jadi panjang kan puasanya.. jam 7-8an gitu baru Maghrib, Subuhnya jam 1/2 3-3an. Waktu SMP disana, puasa pas summer ga kuat, batal2 mulu hehe.

Ramadhan tahun 2011 ini dimulai dengan saya dan Akang maaf2an dulu sampai mata berkaca2 mau nangis (hehe kami lebay), trus shalat Maghrib berjamaah. Akang nunggu berita dari pemerintah tentang penetapan 1 Ramadhan, pas udah pasti, dia berangkat ke mesjid sendirian naik motor. Saya ga ikut karena 1) harus naik motor perginya, 2) sekarang sering kegerahan..shalat di kamar yg berAC aja bisa bikin baju basah kuyup sama keringat..ga kebayang klo harus di mesjid lama2 yg rame dan cuma ada kipas angin (klo beruntung dpt angin), takut malah jd ga khusyu krn kepanasan..apalagi puasa tiap tetes keringat yg keluar jd sayang krn artinya banyak cairan yg keluar, bisa2 dehidrasi deh bumil, 3) ternyata shalatnya 23 rakaat ajah..makin ga kuat deh gw. Setelah makan malam, rencananya mau Isya dan tarawih di kamar.. yg ada malah ketiduran haha. Bangun2 jam 1, sesuai saran dokter, makan tetep 3x sehari eh semalam yah, ya intinya mindahin jadwal makan kan.. Jadi begitu  bangun langsung menuju dapur, makan buah pir kemudian nasi-rendang-kering kentang ahahaa..nikmat bener. Akang yg belum bobo sampe bengong begitu tau istrinya makan lagi dan bukan makan sahur, Eneng bilang "Kan kata dokter makan harus tetep 3x.. lagian kan Eneng ada Dede di dalem!" Wkwkww.. Setelah itu baru deh Isya-tarawih-witir.. baru bobo lagi jam2, dibangunin jam 4 kurang. Sahurnya menunya bikin gastritis banget.. pedes, berminyak dan bersantan, ga ada sayur pula :( Akhirnya mules2 ke kamar mandi dulu dan sebelum adzan Subuh harus nenggak antacid deh. Semogaa menu buka puasa hari ini lebih bersahabat buat lambungku...

0 comments:

Post a Comment