Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
August 02, 2011

Third Trimester Discomfort

I'm into the third trimester now.. tomorrow will be 29 weeks. Alhamdulillah ibu dan bayinya sehat, meskipun ibunya ada keluhan ini-itu tapi masih normal buat bumil seumuran gini.

Keluhan2 yg paling mengganggu adalah lambung yang oversensitif dan stress incontinence alias susah menahan pipis >_<

Kalo yg pertama, buat saya extra menyiksa karena lambung saya memang udah bermasalah dari sebelum hamil. Antacids are my best friends.. selalu harus ada di rumah dan di tas. May M*lanta, Zant*c aka ranitidine, cimetidine, Renn*e, Pr*mag, Pol*silane, De-G*s alias simethicone.. semua udah pernah dicoba! Ini penyakit mulai dari SMP sih.. pemicunya ga semata2 karena makan ga bener atau pola makannya yang ga teratur, tapi kadang dipicu stress juga, jadi susah hilangnya. So far blm pernah diobatin ke internis karena dengan minum antacid jadi mendingan, atau ya karena ditahan2 aja. Btw, dari kesemua obat itu, yang paling ampuh adalah ranitidine.. dokter di Aussie bilang itu aman buat bumil, tapi budokter ga ngeresepin, cuma ngeresepin Pol*silane yg hargany cm 6-7ribuan 1strip *hore murah!* Dia agak concern sama saya yg demen banget obat... stlh berbulan2 (dari trimester 1) complain masalah lambung ini, baru bulan kemaren loh dapet lampu ijo buat minum antacid. Anyway, pas hamil ini, yg dirasain bukan lambungnya aja yang perih, tapi yg menyiksa itu heartburn! Kalo udah parah, ulu hati sakit banget.. tapiii yg paling mengganggu saya ngerasain asam lambung naik sampe ke kerongkongan, di bawah tenggorokan.. sakiit banget kaya ada yg ganjel. Makin parah kalo tiduran, sesek rasanya :( Kenapa paling ganggu? Meskipun sakit ulu hati lebih jleb rasanya, tapi sakit kerongkongan ini bisa seharian dirasain, kadang minum antacid cuma bentar efeknya, trus sakit lagi hiks.. Padahal ini belum week 30 keatas.. orang mah biasa kena heartburn pas di akhir2 kehamilan.. jadi bayangin berapa bulan lg harus tersiksa begini huhuu.. 

Apalagi pas puasa ini, lambung beneran harus dijaga. Puasa kemaren sampe lemes karena sahurnya bikin heartburn, walhasil pas buka keluar lg itu semua makanan.. jadi malemnya saya makan lagi sup tanpa rasa. Alhamdulillah tadi sahurnya udah mulai bener menunya, ga ada yg pedes/minyak/santan.. jd skrg lebih seger puasanya. Meskipun begitu tetep aja si lambung sensi, masih perih2 sampe sekarang.. tapi saya tidak akan gentar!! Kasian Babybee kalo dijejelin bahan kimia berupa antacid tiap hari.. Si lambung ini jadi manja gara2 setiap puasa saya kasih antacid abis sahur.. yup, tahun kemaren kan udah diceritain kalo tiap hari minum antacid buat jaga si lambung. Sekarang mau dibiarin aja.. biar lambungnya lama2 terbiasa dengan pola makan saya, toh kan lebih teratur juga makannya, seharusnya dia jadi lebih nyaman. I love my Babybee more.. dan saya yakin lama kelamaan lambungnya bakal kompromi dan membuat saya nyaman, lillahi taala aja namanya juga lagi ibadah fardhu.. semoga amiin..

Ketidaknyamanan kedua adalah stress incontinence.. ini juga normal banget yah buat bumil di trimester 3 yg mana bayinya yg udah mulai membesar menekan kandung kemih. Kadang kerasa banget loh kalo lagi jalan or berdiri, Babybee bener2 menekan kandung kemihku sampe2 rasanya ingin pipis. Hari ini aja udah lebih dari 10x ke kamar mandi, dan ini baru tengah hari loh.. kebayang berapa puluh kali harus pipis nanti, apalagi kalo abis buka puasa dimana saya pasti kalap minum air karena mengganti cairan yg ga boleh masuk pas puasa. Paling ganggu sekarang ga bisa tidur nyenyak abis sahur gara2 harus ke kamar mandi. Hehe. Saya ganti tidur habis sahur or habis subuh karena malamnya pasti ga nyenyak tidurnya, bisa kebangun berapa kali buat pipis. Belum lagi nih kalo bersin dikit, ketawa ngakak dikit, batuk2 dikit... pasti dibawah ikut basah >_< Ini juga katanya makin ke depan makin parah..apalagi kalo abis ngelahirin. Ohh ga kebayang ky gimana parahnya nantii sekarang aja udah susah ditahan gini.. Mari giat senam Kegel!!!

Gejala lain yg kerasa sih kalo bangun tidur telapak kaki sakit saat menapak, trus jari2 tangan ngilu.. itu juga hubungannya sama bengkak, tapi hamdalah belum bengkak kecuali abis jalan2 heboh, which is jarang juga.. I'm totally domesticated.. miaww!! Hehe. Kalo abis jalan juga kadang bikin kram kaki, tapi ga selalu, karena kalo udah gitu langsung diganjel kakinya pake bantal-guling-selimut biar lancar lg peredaran darahnya. Oh sama round ligament pain, yaitu sakit di perut bawah bagian kiri dan/atau kanan karena ada peregangan sendi akibat rahim yang membesar. Sakitnya kaya ngilu atau menusuk gitu, tapi nggak berapa lama hilang sih.. cuma kaget aja kalo tiba2 teengg!! Beneran seperti ditusuk..

But Babybee.. you should know that these discomfort means nothing knowing you are growing safe and healthy inside and continue to be until the day we see you.. :*

0 comments:

Post a Comment