Tuesday 2 August 2011

28week

Masuk 28weeks artinya udah 7 bulan yaa.. Alhamdulillah saatnya syukuraan.. Tapi itu malah males banget diurusin hehe.

Begitu masuk 28week langsung ke lab buat cek kadar gula darah, hematologi rutin (Hb, leukosit, dll) dan urin rutin. Nah yang dicek itu glukosa puasa dan glukosa 2 jam PP. Artinya, saya harus puasa 12 jam sebelum dicek glukosanya. Mau ga mau harus pagi kan kesananya, malamnya puasa dan langsung dicek pagi2, trus baru bisa makan. Karena harus pagi dan pas hari kerja, mau ga mau harus sendirian ke KMC. Naik taksi tanggung, naik motor out of the question.. jadi satu2nya jalan ya nyetir. Saya udah niat malamnya puasa.. eh ndilalah gara2 makan malam soto betawi, jam 12 malam saya heartburn dan gastritis parah sampe migren2.. akhirnya minum antacid dan paracetamol saking ga tahannya.. Jadi gimana dong, masa ga boleh makan sampe jam 12 siang?? Tapi nanya budokter, katanya boleh jam10 diambil darah trus makan sesudahnya. Jadi sampailah saya disana jam10, belum makan apa2 baru minum aja. Di lab, diambil sampel urin dulu. Selalu bermasalah deh disini.. padahal udah minum ada lah 1L air sebelum kesana, sampe sana ga mau keluar dong >_< apa karena nervous apa gimanaa.. pdhl biasanya lancar jaya sampe males ke toilet saking seringnya pengen pipis.. sebel deh, lamaaa banget di kamar mandi sampe bisa ngisi botol sampel itupun seiprit juga dapetnya. Setelah itu baru diambil darah di lengan kiri. Abis itu disuruh makan, trus puasa 2 jam terhitung terakhir makan dan balik lagi buat diambil darah di lengan kanan. Nah, bingung nih makan dimana.. kantin KMC kan ga jelas gitu, mau makan di pinggir Jl. Ampera tampak dodol gw sendirian makan.. tempat makan dimana orang makan sendirian ga terlihat dodol adalah dimana lg klo bukan McD! Tadinya pengen ke Pizza Hut tapi masih pagi dan pasti sepi disana, sedangkan McD pasti rame kan buka 24jam. Sampe McD Kemang jam 11 kurang tapi masih bisa pesen sausage McMuffin with egg, hotcakes dan teh manis. Pas udah abis, sebelum balik ke mobil masih pesen kentang dulu hahaa. Trus ngurus2 di bank, baru balik ke KMC. Nunggu 2 jam puasa, bikin appointment dulu buat ke dokter hari Sabtu.. eh ga praktek dokternya, baru praktek besok tapi siang.. yaudah, dijadiin aja.

Besok siangnya ke dokter nyetir sendiri lagi.. soalnya Akang nyusul dari kantor, karena hari kerja dan siang2 kan. Seperti biasa, lumayan deh nunggunya. Kirain sepi ya pas hari kerja siang2 gitu.. meskipun ga serame pas Sabtu tapi tetep aja sih nunggu. Selama nunggu, ke resepsionis nanyain senam hamil sama biaya lahiran. Cuma diliat aja sih ga dicatet, udah ada beberapa sumber terpercaya yang nyatet harga2ny di blog masing2 jadi liat situ ajah hehee. Abis kata mbaknya juga kemungkinan ga naik harganya. Kalo saya nanya ini rooming-in apa ga, dll, si Akang nanyanya:
"Mbak, yg Kelas 1 dan 2 TV-nya satu?"
"Itu remote TV-nya satu buat berdua, apa masing2 dapet remote TV? Rebutan dong."
"TV-nya flat apa ngga?" 
Sumpah pentiiingg...!! Hahaha... Kalo diliat2 sih mending Kelas 3 ajalah tapi dengan syarat ga sharing sama orang lain.. bedanya cuma ga ada TV, tapi gw jg jarang nonton TV. Terakhir diopname, kykna tu TV ga pernah ditonton deh, dan itu gw diopname seminggu. For killing time kan bisa ngaji, baca2 majalah or buku.. main2 hp.. lagian juga kalo lahiran InsyaAllah nginepnya ga lama kan.. 2malem cukup.. dateng Jum'at pagi, brojol, hari Minggu discharge.. ok Babybee.. amiinn!!

Akhirnya dipanggil juga masuk ke ruangan dokter. Ditanya keluhan, of course yg pertama saya sampaikan adalah masalah heartburn ini. Trus dilihat juga hasil lab-nya. Alhamdulillah ga ada yg perlu ditindaklanjuti, kecuali glukosa 2 jam PP yg angkanya cuma 1 dibawah ambang batas normal.. leukosit juga tinggi dan di urine terdeteksi leukosit dan bakteri, tapi itu mungkin akibat saya jarang minum air karena abis puasa jadi masih oke. Yg aneh malah Hb 14, katanya tinggi banget buat bumil, orang hamil mah anemia ini malah tinggi, jadi mau dia cek ke labnya bener ga angka segitu. Iya sih, pdhl saya kira saya anemia krn sering pusing..

Pas liat Babybee di USG, kepalanya udah dibawah.. pencitraannya udah mulai jelas, bisa melihat dia buka tutup mulut, kykna mulutnya tebal dan lebar ky mamanya :) Berat badannya 1141g, klo dari hasil USG usianya 28w5d, padahal dr HPHT usianya 28w3d, jadi masih normal2 aja berat Babybee ga terlalu tinggi or rendah. Alhamdulillah.. sempet concern karena perut ga buncit2..tapi takut juga kena gula yg artinya berat bayi akan lebih besar dari biasanya. Tapi dengan kuasa Allah kekhawatiran saya tidak ada yg terbukti :)

Jadi kemarin tuh BB naik 1,5kg dalam 4 minggu, making total weight gain of 5,5kg.. Apakah ini berita gembira? Oh tidak.. Budokter tetep nyaranin buat kurangi konsumsi karbohidrat dan jaga makanan jangan sampai melonjak drastis. Kalo diliat saya puasa sebulan dengan lambung sensi seperti ini, kayaknya masih bisa dijaga nih BBnya karena pasti makan saya extra teratur demi menjaga kesehatan lambung (dan overall ibu dan bayinya tentunya). Pokoknya rencananya naiknya maksimal 10kg aja. Abis itu tanya2 tentang puasa.. intinya ya makan tetap 3x tapi diganti jadwalnya jadi malam, ga boleh bayar fidyah kalo ga puasa, disarankan buka puasanya pake yg manis2 seperti kurma, perbanyak makan buah dan kurangi karbohidrat berlebih. Untuk lambung yg super sensitif ini ya ga boleh makan yg berempah, pedas, berminyak, bersantan.. makan harus teratur, jangan sampai lapar.. kalopun lapar diisinya dengan buah jangan karbohidrat. Appointment berikutnya, masih 4 minggu lagi.
"Eh tapi 4 minggu lagi kan Lebaran dok?"
"Ya udah ketemu abis Lebaran aja.. senang2 aja mudik, jalan2 dll yaa.."
"Oke Dok!"
Dalam  hati, sedih juga ketemunya berarti sebulan lebih doong.. abis saya ngefans bgt sama ni dokter.. gimana nggak.. udah beberapa kali kontrol, saya dibilang pinter. Haha. Kyk anak kecil deh. "Wichi ini kan pinter.." Entah maksudnya nyindir atau muji yah.. tapi kan seneng dibilang pinter sama orang pinter haha. Apalagi kemaren kontrol budokter lg good mood kykna. Udah mana saya dibilang pinter, dianya nyanyi2 sendiri pas jalan dari mesin USG ke mejanya, juga pas kontrol nyantai bgt ky ngobrol sm temen gitu, pas udahan dianya dadah2 pas kita pamit hahaa.. Biarin lebay.. abis selama ini kan paling ga suka sama dokter, jadi nemu yg enak kyk gitu seneng banget :)

Kalo mau liat penampakan terakhir pas 28wk, ini ada foto lagi nyiram tanaman di rumah baru *skalian pamer hehe ngga ding orang belum boleh ditempatin juga* Babybump-nya masih minimal, entah kapan bisa buncit sempurna, ini udah 7bulan kan, ditambah lg kostum saya sehari2 memang longgar begini, jadi kalo orang yg ga ngeh mah mana tau saya hamil 7bulan..



3 comments:

  1. hwoaa jadi ada tes lab lagi ya di 28 minggu? fiuhhhh.. padahal tadinya gw mau skip dateng kesana minggu ke 30/31 aja karena kemarin baru dari dr Bambang Karsono. yayaya...terus2 bukannya kalau di atas 28 minggu kontrolnya 2 minggu sekali ya? kok boleh 4minggu lebih? senaaang..

    hwoaa rumahnya baguuuss. semoga rumah baru berkah ya buat semuanya. amiin

    ReplyDelete
  2. Tergantung shin kykna..gw kan ada turunan diabetes jd cek gula krn jd lbh rentan kena diabetes gestasional..gw ud dkasi surat pngantar lab pas kontrol 24wk tp dsuruh cek labny kl udh 28wk. Lo kmrn br cek darah&urin kan,jd gpp kali..gw trakhir cek darah pas 3bln gt jd udh lama.

    Iya dr awal jg budokter bilang br ktemu 2mingguan pas udh 8bln kok,kcuali kitany ada komplikasi kali ya. Lumayan deh irit biaya kontrol hehe

    Amiinn makasiih..tp krn blm dbayar blm blh dtempatin rumahny,jd cari pundi2 bwt lunasin DP dulu (gw beli rumah direnov dlu br dbayar,tp duit kburu abis bwt renov haha)

    ReplyDelete
  3. hauhahaha yg kayak gini gini nih yg gw suka, enov dulu baru bayar DP. hahaha..

    semoga bakal ada rezeki bayi ke depannya yaa.. i believe it =)

    ReplyDelete