Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
November 01, 2010

Cooking Capers: Ayam Goreng plus Kol Goreng


My lunch today was heavenly. Really unhealthy, but heavenly. :) Berawal dari nostalgia kuliner Bandung yang saya tumpahkan di twitter, saya jadi kebayang2 ayam goreng langganan saya waktu masih kuliah di ITB. Letaknya di gerbang belakang ITB, belakang parkiran. Emang langganan karena deket kalo mau makan siang dari Gedung Kimia. Disitu yg saya ingat menunya ayam goreng, nasi goreng, kayanya ada lain lagi tapi lupa. Soalnya yg keinget ayam gorengnya. Disajikan di piring kecil beserta lalapan selada, kol dan timun. Sama nasi di piring lainnya. Kalo saya makan, ditambahin sambel sama kecap. Yumm.. Nah yg bikin yummy itu ada lagi tambahannya, yaitu kol goreng. Aneh ya kedengarannya.. tapi kol goreng ini nikmat loh. Syaratnya, bikinnya bareng ayam goreng.

Jadi gampang banget caranya. Kalo bikin ayam goreng udah bisa lah ya. It involves ngulek2 banyak bumbu, ngungkep ayam sampe abis airnya trus digoreng deh. Bumbuny apa? Google aja ndiri yah. Soalnya saya juga males ngulek2 bumbu ayam goreng, biasanya beli jadi yg kering maupun yg basah. Kali ini saya pake bumbu basah. Nah sisa2 rebusan bumbu saya ikut goreng juga sama ayamny, jadi ada ky kremesannya itu. kremesannya ini yang saya goreng sama kol. Jadi kolnya harus digoreng pake minyak bekas goreng ayam, dan lebih maknyus lagi kalo masih ada kremesan2nya itu digoreng bareng kolnya. Biar rasanya keluar, kolny harus digoreng sampe ujungny sedikit gosong atau sampe dia melepuh2, karena kalo belum sampe kaya gitu rasany cuma kaya kol rebus berminyak, ga enak. Hihi.

Ini makanan paling ga bergizi kali ya, minyakny sekilang (hiperbolis nya), jelantah pula.. tapi rasanya... nikmattt!! ;)

1 comments: