Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
November 14, 2010

Mie Bakso Special edisi Final Exam

Si Akang lagi heboh2nya final exam. Cuma kali ini bener2 final. Yang terakhir sepanjang sejarah dia kuliah Master of Commerce ini. Jika tidak ada aral melintang, dengan kekuasaan Allah SWT saya akan melihatnya diwisuda tanggal 15 Desember mendatang.. (amin amin amiin...)

Nah biar dia tambah semangat belajarnya, saya kasih treat spesial. Sebenernya ga direncanakan, tapi emang udah jodoh (??), pas lagi TPA salah satu orangtua murid menghampiri saya dan nawarin beli bakso buatannya. Ini bakso sapi dan bakso ayam, yang bentuknya bener2 kayak bakso. Untuk diketahui di Brisbane ini ga ada yang jual bakso sprt itu yg mentah, klo mau beli ya harus yg udah jadi di restoran Indonesia (yg cuma ada 3 seantero Brisbane yg gede ini :((( ), meskipun ada beberapa yang bikin sendiri trus dijualin. Seperti yg ditawarkan ke saya, dan sayapun langsung mengiyakan, beli 1 plastik seharga $5.

Sampai dirumah saya beraksi.. Bikinnya gampang kok.

Untuk kuahnya tinggal rebus ayam, kuah rebusanny itu yg jadi kuah bakso. Kalo rajin sih ayamnya bisa disuwir, trus ditumis sama saus tiram dll untuk bikin ayam yg kaya mie ayam. Tapi saya males, ribet. Hehe. Jadi setelah jadi kuah kaldu ayamnya, baru masukin baso, tumisan bawang merah-bawang putih, irisan daun bawang, garam dan merica. Sementara itu saya bikin pangsit dari fish paste (beli jadi) yang dimasukkan ke lembaran pangsit (won ton pastry), direkatkan pake larutan maizena. Lalu rebus sampai pangsitnya mengapung. Berikutnya saya rebus mie telor dan bihun (untuk bihun cukup direndam dalam air panas selama beberapa menit lalu tiriskan).

Bihun dan mie yang sudah ditiriskan dimasukkan ke dalam mangkok. Diatasnya masukkan pangsit yg sudah matang, irisan seledri, dan tauge yang sudah direndam air panas sebentar. Lalu masukkan bakso beserta kuahnya ke dalam mangkok tersebut. Taburkan bawang goreng.

Voila! Semangkuk bakso yang memuaskan suami dan membuatnya refreshing sejenak dari beban ujian... ;-)

mmm.. looks mighty good, doesn't it??

PS: liat baksonya, taugenya, pangsitnya.. jadi kangen bakso di Tasik yang sungguh juaraa.. ihh pengen ke Tasik ihh.. ketemu Mamah Papah lagi..

1 comments:

  1. wew,,,salam kenal mbak...

    ya ampuuuun,,,susah nyari bakso ya mbak di sana...
    buruan pulang atuh mbak...hehehe

    kayanya bakso di foto itu enak juga...

    ReplyDelete