Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
October 13, 2013

Tentang Menyusui

Halo.. Sebelum cerita birth story, mau curhat dulu ah. Cerita lahirnya Rai panjang soalny, msh ngendon di Draft udah 2 part blm kelar2 haha. Kali ini curhat tentang menyusui. Karena ternyata, di anak kedua ini menyusui jd lbh drama daripada anak pertama.

Pas Raka lahir, drama menyusui hanya terjadi dirumah sakit. Itu juga krn Raka jaundice ABO incompatibility yg cukup parah sementara ASI blm keluar sampe hari ketiga postpartum (padahal normal jg ya ASI br kluar di usia segitu, cuma krn kuning ya butuh AS banyak saat itu juga pas Raka 2hari). Pulang dari rumah, anaknya kuat bener nyusunya, masih belajar jadi ada lecet2 dikit wajar lah. Kalo ga salah baru santai pas 1bulanan Raka.

Pas Rai, justru kebalikannya. Di RS lancar jaya, di rumah full of drama hehe. Trauma ASI yg nihil di awal lahiran, maka gw sampe bela2in gak nyapih Raka sehingga pasti masih ada kolostrum begitu Rai lahir. Terbukti abis lahiran, dokter laktasi cek dan bilang ASI gw udah berlimpah. Gw juga saking semangatnya langsug minta nyusui pdhl blm boleh gerak jd dibantu dokter laktasi nyusui posisi laidback atau IMD. Selama di RS indah bgt menyusui sambil bedding in jd nyusuin posisi tidur miring.

But the joy was short-lived. Di rumah, puting sakiit bener sampe berasa terbakar se-PD. Waktu di RS emang DSAnya Rai sempet bilang Rai nyusu diputing,bentar lg lecet lho katanya. Bilangnya sambil lalu gitu,sambil jalan keluar pintu abis visit periksa Rai. Gak banget kan? Anyway, 3hari stlh pulang, mampir lg k klinik laktasi KMC skalian nunggu hasil tes bilirubin (which turned out to be normal..yay! Yamaap sini emak parno sama kejadian kakaknya dulu,gak mau kecolongan lagi langsung enjus deh..etapi anaknya gak nangis loh diambil darah..keren kan?!). Dokter laktasinya yg pernah visit kekamar,jd masih hapal. Pas diliat, ketauan Rai ada lip tie.

Lip tie itu artinya ada semacam tali selaput yg tebal&pendek dari ujung gusi dibawah bibir atas samlai ke gusi bawah. Normalnya itu selaput gak sampe gusi bawah. Efeknya nanti kalo tumbuh gigi, si 2 gigi depan itu bakal gak rapet karena ada ujung selaput ditengahnya. Ini ternyata turunan Akang yg persis seperti itu. Efeknya saat nyusuin,latch-on ga bisa sempurna karena bibir atas ga bisa dower. Solusinya, kayak tongue tie, bisa diinsisi. Tentang lecetnya, dia lihat katanya udah mulai sembuh kok. Trus timbang BB Rai, udah 4180gr artiny udh balik ke berat lahir, jadi dia cukup dapet ASInya.

Pulang dari KMC tenang. Emang puting jd baikan, tapi ternyata lecet lagi seminggu kmudian huhu. Sampe kayak melepuh gitu. Tapi tetep dihajar nyusuin,biar terbiasa Rainya dan lama2 bisa mangap.gede dan bagus pelekatannya. Gongnya tadi malam, lg nyusuin Raka di puting yg lecetnya parah sampe melepuh itu,gw ketiduran saking capeknya begadang ngeladenin 2 anak (iyess gw bolakbalik nyusuin&ganti popok Raka&Rai,beneran saat yg 1 udahan,yg 1 bangun..kadang bangun nangis barengan yukk tepar duluu huks). Tiba2 puting sakit banget ternyata digigit Raka yg ketiduran juga. Jd skrg udh lecet, melepuh, berdarah pulak. Mewek sejadi2nya deh eike haha.

Oiya selain drama lip tie ada lagi drama sibling rivalry. Raka ini sayaaang sama adiknya..kecuali kalo disuruh nunggu giliran nyusu. Bisa ngamuk dia. Tantrum mulu klo masalah nyusu si Raka mah. Ini yg gak gw antisipasi. Pas Rai blm lahir, frekuensi nyusu Raka cuma 2x rata2 pas mau tidur siang&malam,jadi santai gw mau tandem. Ternyataa pas ada Rai, Raka minta nyusu HAMPIR. SETIAP. SAAT. Which is gak mungkin diturutin karena kata DSA dan dokter laktasi boleh tandem tapi ADIK HARUS DIUTAMAKAN. Pernah nyoba 2 anak nempel sekaligus di 2 PD,Rakanya malah yg risih. Karena tantrum mulu, gw yg kuramg istirahat jd ikutan khilaf kadang2 bentak dia suruh diem :(  so, skrg InsyAllah ikhlas mau sapih dia demi kemaslahatan bersama. Dokter2 bilang klo mau dsapih jgn bilang krn meh-nya buat Dede, tapi karena it's time. Akhirnya gw bilangnya klo Raka abis tiup lilin/ulangtahun udahan mehnya/stop mehnya. Diulang terus terutama pas nyusu. Jd skrg klo kita tanya "Raka, klo (sel)amat ulang tahun..?" Dia langsung jawab "Nggak meh lagi deh.. Udah mehnya.. (S)top!" Ultahnya seminggu lagi nih. Doakan semoga berhasil ya!

Oiya ada 1 lg sih sbnernya harusny gw mulai pompa buat stok krn mungkim bakal ninggalin Rai awal bln dpn slm 12 hari untuk karantina sbagai proses seleksi beasiswa. Tp mana sempet mompaa.. Belum lagi gw berasa sapi perah banget,kasian PD gw gak ada jedanya disusuin 2 anak trus pake dipompa dlm kondisi lecet.. I need a break ceunah. Untungnya ada sahabat yg bersedia jd ibu susu Rai, dia mau donorin asipnya dan terus mompa khusus buat Rai krn dia SAHM like me dan ga kepake asipnya. Hiks, makasih ya mama Addin..

Haha panjang bener curhatnya.. Maklum sekarang ini my life is all about breastfeeding. Semoga masih berlanjut sampe 2 thn ke depan dgn lancar jaya. Semangaatt ASI!!!

2 comments:

  1. Wichiiii aku SALUT!! I definitely support tandem nursing, tapi kalo di suru ngejalanin langsung mengkeret. Ayooo Raka semangat weaningnya yaaa.. Rai tambah pinter nyusu yaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha berat trnyata tandem nursing 2 boys..akupun nyerah. makasih tantee.. Rai nyusunya udh pinter,tinggal kakaknya masih drama weaningnya..

      Delete