Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
May 24, 2014

Leap of faith with ODOJ

Jadi gini, salah satu resolusi 2014 adalah meningkatkan ibadah kepada Alloh. Sejak punya anak perasaan susah banget mau ibadah, yg wajib spt sholat selalu keburu2 karena ditungguin anak, puasa Ramadhan bolong2 krn marathon hamil-nyusuin-hamil, boro2 mau ibadah sunnah seperti sholat dhuha atau qiyamullail dan juga tilawah *facepalm*

Maluuu... >_<

Padahal justru sekarang kudu banyak ibadah ya biar sholehah errr.. maksudnya udah ada anak2 kudu sering berdoa mereka jadi anak2 sholeh pokoknya cita2 gw dan suami yg bikin kita sepakat menikah dulu bakal terwujud: berkumpul kembali di surga Alloh (AMIIINN). Berat beut ya ceu.. Haha.

Anywaay..karena ga ada kemajuan berarti masalah ibadah ini, akhirnya gw bikin dobrakan biar istiqomah. Untuk ibadah sholat, gw bikin denda tiap kali ketinggalan tahajjud atau dhuha. Kalau gw ketinggalan sholat wajib (suka ketiduran pas subuh huhu) dendanya 10x lipat. Rencananya duit denda ini gw kumpulin trus disedekahin.

Nah, yang seru nih, gw akhirnya ikut ODOJ (One Day One Juz). Dimana kita tergabung dalam group Whatsapp beranggotakan 30 orang, masing2 anggota wajib menyelesaikan 1 juz dalam sehari, jadi 1 group itu akan khatam dalam sehari. Hal terimpulsif yg gw lakuin adalah daftar ODOJ tanpa mikir panjang... Padahal gw udah jaraaang bgt megang mushaf sejak beranak. Alasannya ya ga punya waktu perasaan deh. Ga kebayang dalam sehari.baca 1juz..sebulan khatam. Wow.. Gw syukur2 deh bisa khatam dlm setahun. Tapi gw pikir klo niat ibadah pasti dimudahkan.

Daan ternyata memang dimudahkan, Alhamdulillah. Begitu daftar, langsung dikonfirm dan dimasukin grup ODOJ 2473. Grupnya jg baru, jd sama2 bareng2 berjuang..kenalan2..dan mulailah perjuangan ODOJ kita..

Hari ini gw udah khatam ketiga (eh apa keempat ya lupaa) kali. Bulan pertama beraat..apalagi gw sempet roadtrip keluar kota, kena campak demam tinggi sampe melayang rasanya, dllnya.. Gw bertekad yg penting khatam 1x, trus keluar.. Yg penting bs buktiin klo gw bisa khatam dalam sebulan. Akhirnya khatam pertama. Jadi keluar? Err.. Cemen amaatt.. Cobain deh sebulan lg.. Eh kok lama2 makin mudah.. Cuma butuh 45menit untuk selesai 1 juz. Gw sengaja tilawah gaya kuda istilahnya, yaitu dirapel disatu waktu. Biasanya s is ng-sore pas anak2 tidur siang. Klo dicicil suka jd ga konsen malah.

Trus lama2 makin deket sama anggota grup. Yg awal2 sering gonta ganti personil skrg udah mulai stabil. Conversation di grup yg awalnya isinya cuma laporan kholas (istilah klo selesai 1juz), jd lbh beragam..dari ngomongin kucing sampe ngomongin jodoh. Gw jd beneran bela2in tilawah anytime anywhere.. Sambil nyusuin, nggendong, jaga anak, ngelonin.. Di busway, metromini, mikrolet, pesawat.. Di halte, terminal, bandara.. Di rumah, di mall, rumah sakit.. Dimanapun kapanpun deh.

Walopun ODOJ ini dikritik karena bid'ah lah.. Jd ngejar target tilawahnya aja tanpa mentaddaburi isinya lah.. Tapi gw ambil positifnya aja. Niatnya ibadah kan. Kalo udah biasa pegang Al Qur'an tiap hari lama2 jg kena kok. Awal2 asal baca.. Lama2 ngerasa klo bacaan blm lancar.. Belajar tajwid lagi deh dan niat mau les tahsin. Dan punya cita2 baru: jd hafidzah (amiiinnn.. Masih jauh bgt sih hehe).

Semoga tetap istiqomah berODOJ sampe lama yaa..

1 comments:

  1. wow kereeenn. gw khatam kalau bulan puasa aja. abis itu khatam setahun dah alhamdulillah. mari berlomba2 dalam kebajikan ya. thx for inspiring wichi

    ReplyDelete