Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
August 03, 2013

32week checkup

Hari ini abis ketemu Budokter lagi. Pergi bertiga sama Raka, eh anaknya begitu mobil jalan langsung bobo di carseat dan pules di stroller. Sampe KMC ga perlu nunggu lama, abis timbang udh langsung masuk krn emg udh dijadwal suruh dtg jam sekian. Jempol deh sama sistem antrian KMC skrg. Klo efisien gitu kan jg ngurangin jatah parkir yg makin rame aja. Tp gak tau deh apa diterapkan ke semua dokter.

Anyway, pas ditimbang, ada kejutan: berat badan naik TIGA KILO dalam 2 minggu!! *facepalm* Cerita ke Akang dia santai, katanya normal kan usia kandungan segini naiknya emang lebih banyak. Iya sih, dari 32 minggu keatas BB bayi akan naik 1/2 dari BB lahirnya. Tapi kan takut kegedean dan ga bisa VBAC. Ini gara2 sejak kalah puasa, makan jd ga bener dan olahraga ikutan libur hiks..

Pas diUSG ternyata BB Rai masih normal. Naik 400gram dr 2minggu yang lalu, skrg 1841gram. Lari ke gw smua itu yg 2,6kg ya zzzz. Pas diUSG Rai lg bobo as always. Tp kepalanya ngadep belakang jd ga bs liat mukanya jg. Lama USGnya nunggu dia bangun dan gerak biar enak ngukur2nya tp gak berhasil. Cuma udah bisa keliatan klo semua normal, aman kata Budokter. Hamdalah.

Masuk sesi diskusi agak seru. Bataknya Budokter keluar nih, dia agak galak masa. Jd as always pasti diskusi ttg VBAC. Kan gw baca resiko ruptur rahim ga trlalu besar (1% aja klo.ga salah), dia lgsg menyangkal. Usut punya usut ternyata dia pernah praktek di RS umum, disana seringnya kebagian yg parah2 termasuk ruptur rahim itu yg terjadi di praktek bidan trus dirujuk ke RS. Jd ya dia pengalaman banget sama yg robek2 rahimnya. Diceritain kemungkinan terburuknya pendarahan gak berhenti, dan last resortnya adalah pengangkatan rahim.

Ya pokoknya Budokter bener2 ngasihtau resikonya klo VBAC. Jd meskipun dia mendukung,tapi dia jg bilang klo hasil pemeriksaan gak bagus, dia gak akan mau VBAC. Nah ini gw baru tau. Kirain hardcore VBAC. haha. Soalnya dia bilang klo kata dia hrs operasi, ya gw hrs nurut (nah galak kan, jiper deh gw). Tp seneng sih, dia tegas, dan gw percaya dia bs ambil keputusan yg terbaik buat gw&Rai.. Mengingat gw agak labil orangnya hehe.

Yang menyiksa ya itu, ga bisa dipastiin ini boleh VBAC apa nggak. Ketebalan rahim jg baru diukur pas 38minggu. Tebal rahim ini gak bisa diprediksi, tiap org&kondisi kehamilan beda2. Cukup kaget jg batas tebal rahim yg aman buat Budokter adalah 4mm. Soalnya baca2 2-3mm udah cukup untuk VBAC. Semoga ukuran gw 4mm lebih deh. Amiin.

Ayooo Wichiii.. Semangat lagi olahraganya.. Hypnobirthingnya.. Senam hamil yg rajiin...

0 comments:

Post a Comment