Thursday 9 June 2011

Kamus Basa Sunda

Highlight of my day, besides finishing the first part of the freelance translation job is.. finding THIS: Kamus Bahasa Sunda.

Ihh.. senang sekali.. bentuknya real-time search, dan database-nya cukup lengkap.. dari kosakata Sunda halus sampai yang kasar. Hehe. Kenapa sih girang banget nemu ini? Soalnya.. saya bersuamikan orang Sunda tulen, meskipun saya setengah Sunda* dengan kedua orangtua lahir dan besar di Bandung, saya sendiri lahir dan besar di Jakarta dan Brisbane.. jadi ya fasihnya Bahasa Indonesia sama English dong (gayaaa..). Nah, begitu lagi PDKT sama calon suami nih langsung deh cari2 kamus Sunda dulu hahaa..

Awalnya sih tidak menjadi masalah saya ga fasih Bahasa Sunda, meskipun suami bingung lha ayah dan ibunya fasih Bahasa Sunda, trus sempet kuliah di Bandung pula.. kok gagap banget Sunda-nya. Yaa.. dikit2 bisa dan ngerti, tapi begitu saya ngomong Sunda langsung di-stop sama Akang, katanya kasar.. whuahahaa.. ya gimana taunya yang kasar sama nggak.. wong gaul sama orang Sunda-nya pas kuliah di Bandung, ya diajarinnya bahasa pergaulan setempat dong. Jadi aja ga berani bicara bahasa Sunda sama sekali. Which is a little bit of a problem pas mudik ke mertua di Tasik. Disana tuh masih kental kedaerahannya, semuanya ngomong Basa Sunda. Kalo ngomong Bahasa Indonesia, pada kaku gitu. Jadi kadang2 nggak nyambung nih saya kalo ngomong sama mertua.. apalagi kalo pas ke Tasik bener2 lost in translation deh.. soalnya bicaranya tuh pake Bahasa Sunda yang haluuuuuss banget, yang enak gitu didengarnya, tapi saya nggak familiar karena biasanya denger Bahasa Sunda pergaulan.

Jadi intinya ya, semoga dengan ditemukannya kamus ini oleh saya, Bahasa Sunda saya makin lancar.. apalagi ada bibi yang orang Jakarta nikah sama adiknya mertua, katanya lama2 jadi bisa ngomong Sunda kok. Babybee aja nanti udah diniatin sama Papanya buat diajarin Bahasa Sunda lemes meskipun kita ga tinggal di Bumi Priangan, biar dia apresiasi latar belakangnya. Baiklahh.. mari kita belajar Basa Sunda lemes.. hayu urang diajar Basa Sunda anu lemes...!!!

*Setengahnya lagi Ambon.. saya blasteran ras Melayu Mongoloid dan Melanessuide... ga penting yah footnote ini!

0 comments:

Post a Comment