Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
June 08, 2011

Body Weight Gain

WEIGHT GAIN DURING PREGNANCY TO DATE
       5 to 16 weeks =    1 kg 
     16 to 20 weeks = 2,5 kg
Total weight gain = 3,5 kg

Dasar ya.. dulu khawatir berat badan berlebih, sekarang khawatir berat badan gak cukup gede..

Jadi gini, akhir-akhir ini Mummybee rada2 concern karena merasa badannya tidak terlalu besar untuk ukuran mengandung 5 bulan.. apalagi komentar semua orang yang bilang demikian juga ("Eh, udah 5 bulan? Kok gak keliatan?"). Kan sedih ya, disatu sisi takut artinya si Babybee kekecilan, pertumbuhannya kurang lancar. Atau si Ibunya yang ga bener makannya (padahal mah biasa2 aja). Dan sekarang kan lagi pengen mamerin baby bump, ada rasa bangga gimanaa gitu keliatan orang2 as one of the special people to be blessed with a bub inside my tummy. Tapi udah 5 bulan masa belum keliatan itu bump-nya.. kecuali saya tekan baju ke belakang, itupun keliatannya kayak kembung, bukan kayak hamil, huhuww.

Sebenarnya agak lega sih pas ke dokter, liat Babybee pertumbuhannya normal for his age.. Lha wong baru 331gram ajah.. normal lah ya kalo ibunya baru naik 3,5kilogram dari pertama kali periksa di usia Babybee 5minggu di kandungan. Kenaikan berat badan sih tergantung dari kondisi awal si ibu hamil, kalo memang berat badan berlebih, naiknya harus sedikit.. kalo memang cungkring ibunya, naik puluhan kilo juga gak apa-apa. Dia contoh suster di belakang yang mungil, katanya, dia kalo hamil naik 20kg sih gak apa2.. The best and most reassuring part besides seeing Babybee at the normal weight is... dokter bilang, beliau waktu hamil cuma naik 7kilo.. Iyah, 7 kilo ajah, karena memang dia press segitu aja naiknya ceunah. Baru mulai blong pas mulai menyusui. Hihii... Pulang dari situ dengan hati lega..

Etapi jadi kepikiran ada temen sekarang 28minggu, naiknya udah 20kg. Sementara kakak ipar kemaren mau masuk 7 bulan juga naiknya 10an kilo gitu. Trus kemaren kakak sepupu baru melahirkan, dia hamilnya naik puluhan kilo juga tampaknya, padahal badannya sebelumnya agak plus, dan anaknya lahir cuma 2,6kg. Jadi agak sedikit penasaran juga sayah.. kok bisa naiknya sedikit sih.. padahal kan makan cukup, ga ada tuh dikeluarin lewat muntah2 karena ga morning sickness kecuali sebulan pas bulan keempat. Trus juga menderita konstipasi, jadi kan susah juga tuh makanan keluar.. mana jarang olahraga juga jadi ga kebuang kan kalorinya.

Tapi disyukurin aja deh.. BMI (indeks massa tubuh) saya kan emang diambang batas normal dan overweight, yaitu sekitar 25an. Dengan postur tubuh saya yang tinggi besar, penambahan berat terutama di perut jadi ga terlalu kelihatan. Dan karena menjaga makan sejak hamil, mungkin berpengaruh juga sama peningkatan berat badan, karena diupayakan makan sering tapi dikit dibanding 3x sehari porsi besar, padahal awalnya ini dilakukan karena perut saya sensitif..sering gastritis, diobati dengan makan (kalo sebelum hamil pasti udah minum antasida). Alhamdulillah sekarang sih jarang kambuh lagi maag-nya setelah lewat trimester 1. Hikmah lainnya adalah... saya nggak ngerasain perut gatal karena peregangan kulit... mungkin ini karena memang luas permukaan perut saya besar hahaha.. kebayang kan wanita2 mungil kalo hamil perutnya membesar, pasti jadi gatel2 lah itu perut diregangkan sedemikian rupa. Jadi meskipun sudah beli olive oil dan VCO, Alhamdulillah sekarang belum kepake di perut.. paling di sekitaran payudara yang memang sering gatal karena sayangnya payudara saya beda dengan perut, kurang proporsional deh intinya hehehe.. Jadi belum ada tuh tanda2 stretchmarks.. malah adanya di paha, tapi itu muncul sendiri tanpa gatal2. Kalo gatal2 sih emang ada, di punggung, karena sering kegerahan jadi banyak biang keringat bermunculan dan gatal paraah.. tinggal diobati dengan talc or lotion aja, cuma ribet sih harus minta tolong orang pakein.

Jadi intinya.. bersyukur deh baru 3,5 kg naiknya.. targetnya jadi ga lebih dari 10kg naiknya deh.. kalo bisa sih kayak bu dokter cuma 7kg.. tapi tampak impossible karena katadokter kalo diatas 7 bulan itu bakal cepeet banget naiknya.. apalagi si dede bakal lebih hebring pertumbuhannya ntar. Kebayang kalo Babybee lahir 3,5 kg berarti saya ga boleh naik dong berat badannya biar jadi total 7kg...?? Jadi harus tetap dijaga makannya, karena akhir2 ini suka khilaf, lagi pengen yang manis2 terus (minuman sih biasanya, atau jelly2 yg seger2 gitu deh), mulai makan yg berMSG (halo Pringles!), bahkan selama berhari2 minumnya Coca-Cola *tepokjidat* Bener2 ga se-strict dulu dalam berdiet.. karena perut udah mulai enak juga sih, ga dikit2 perih atau sakit kalo makan yang berbumbu dikit, pedes dikit, asem dikit, dll... jadi pengen makan segala macem hehe. Jadi sekarang udah penuh lagi deh stok buah2an di kulkas setelah males belanja buah, Akang juga udah mulai galak melarang saya makan yang gak baik terutama yang manis2 karena resiko diabetes itu..

Doakan Mummybee tetap sehat dan bugar... dan Babybee-nya of course :)

2 comments:

  1. Mudah2an bulan depan udah tau yaaah, si baby mau pake dress atau kemeja batik ke nikahan Tante Ninta hihihihi

    ReplyDelete
  2. haha toss atuh. aku juga baru naik 2kg di bulan keempat kemarin. sekarang 19 minggu ga tau deh baik berapa. belum ngecek. aku juga baru pada nyadar aku hamil sekarang. dulu boro2.haha

    ReplyDelete