Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
June 11, 2013

Diet dan Olahraga demi VBAC

Apa kabar nih healthy lifestyle demi VBAC? Hihi.. getting there, meskipun masih suka colong2 yg gak sehat, ya buktinya sekarang lagi terserang flu udah seminggu belum sembuh2 :(

Soal diet, yg baru rutin cuma ganti nasi putih dengan nasi merah. Eh itupun kalo diluar suka khilaf, beneran lupa kalau gak makan nasi putih lagi, jadi kalo order makanan tetep pake nasi putih. Tapi kalo dirumah sih udah gak pernah lagi. Alhamdulillah akhirnya nemu takaran masak nasi merah yang pas jadi bisa bikin nasi merah yang lumayan lembek, biasanya keras gitu kan. Makan nasi merah cuma 2x sehari aja, kalo sarapan biasanya oatmeal, cereal atau roti wholemeal.

Cuma masih PR intake buahnya kurang.. buktinya sekarang sembelit, padahaaal seminggu yg lalu diserang diare hahaha. Gw curiga ini diare dan sembelit lebih karena pikiran deh daripada emang diet yg berantakan. Karena konon katanya pencernaan menjadi sensitif kalo pikiran kita lg mumet juga. Ya namanya juga bumil kaan.. segala-galaa dipikiriin...

Yg asiknya, sekarang rutin dong olahraga. Iyess.. tiap hari loh haha ambisius. Tapi tapi, 2hari ini absen. Kenapa? Sakit, kakaa.. Flu-nya gak sembuh2, awal2 tetep dihajar meskipun flu juga, ehtapi terus jadi masuk angin dan muntah2. Usut punya usut kayaknya culprit-nya adalah karena olahraga di dalam kamar ber-AC full force. Abis olahraga kan basah tuh, biasanya relaksasi dulu karena katanya abis olahraga harus relaksasi baring miring ke kiri, tujuannya supaya janin dialiri oksigen lebih optimal. Kalo olahraga kan ngabisin oksigen gitu. Tapi gak kuat kalo olahraga ga pake AC, itu aja udah pake AC keringetnya sampe bikin lantai licin hii jijik yah hehe. Emang dari sononya sih gw orangnya gampang banget keringetan.

Olahraganya apa emang sampe asik banget gitu? Awalnya donlot2 prenatal cardio video dari Yutub. Lama2 bosan, apalagi yg didonlot ga pake musik gitu. Sampe nemu video prenatal zumba. Lagunya Party Rock Anthem LMFAO. Eh kok seru sih. Berasa dugem! Jadi kayak dancing2 hura2 gitu, gak kayak olahraga. Akhirnya kalap donlot2 video2 zumba lainnya. Lama ini milih video2nya.. karena dipilih yang gerakannya gak terlalu susah -- jadi gak banyak zumba a la salsa yg njelimet2 atau yg lulumpatan berhubung saya hamil.. gerakannya yang simple2 aja. Terus yang gerakannya banyak ngangkangnya haha. Maksudnya biar si bayi jadi gampang turunnya nanti, sekalian aja. Terus dipilih yg lagunya enak doong.. jadi kita semangat joget2nya. Maka dari itulah, tiap hari menanti sesi zumba ini, karena sekalian melepas stres juga kita joget2 sambil nyanyi2 dan meningkatkan stamina haha.

Supaya gak bosen, sebenernya zumba ini saya selingin sama prenatal yoga. Prenatal yoga juga ada 2 videonya, yg satu bener2 pose2nya buat ibu hamil, yg 1 lagi lebih buat stamina, meskipun ada pose buat bumil jg kayak pose kucing itu. Nah yg 1 buat stamina itu namanya kundalini yoga. Ada mantra2 gitu, dan ada bagian kita nari2 bebas juga semacam in a trance gitu. Suka deh.

Cuma ya itu, klo yoga kan bener2 harus konsen yah. Nah ini pas yoga lagi nari2 in a trance tiba2 Raka masuk, ikut2an berpose. Atau lagi baring pose savasana (atau pose mayat, alias tiduran tak bergerak) ceritanya lagi meditasi relaksasi gitu.. tiba2 azan maghrib dan Raka masuk dan langsung nemplok di punggung sambil nepok2 dan teriak "Mamaa!! Anuun! Allooh!" (baca: Mama, bangun, shalat!) Terharu sih.. tapi buyar kan suasana rileks-nya haha. Kalo dia lagi masuk pas gw zumba, ya dia ikutan joget2 juga hihi.

Selain itu juga dicoba hypnobirthing juga, cuma ya waktunya biasanya sesempetnya. Soalnya kalo dibikin rutin sebelum tidur, lah susah karena gw nidurin anak. Kadang lg asik hypnobirthing anaknya nangis ya buyar deh semua.

Semoga tetep istiqomah ini jaga makan dan olahraganya.. I really really want a healthy and normal vaginal delivery.. Sabtu ini mau nengok Rai.. deg2an semoga dia gak gede2 amat kyk bulan kemarin.. Diet gula bulan ini tampak gagal soalnya apart from eliminating white rice :(

2 comments:

  1. hwoaa seneng deh bacanya. gw dulu setiap hari malih olahraga. selain biar kuat ngeden tapi emang ampuh banget ngehilangin kebosenan kalau seharian di rumah ya (pas cuti hamil). semoga bisa VBAC *berdoasungguh2

    ReplyDelete
  2. AMIIINN.. Iya kapok gw hamil Raka kan males bgt,skrg niat VBAC jd super rajin gini..meskipun kl gw hrs curi2 olahraganya pas Raka lg dipegang org lain atw lg bobo. Kadang dia ikutan jg joget2 zumba atw yoga haha

    ReplyDelete