Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
March 04, 2014

Abdi negara dilarang sakit!

Lagi nyesel senyesel nyeselnya thn 2013 kemarin ga sempet ngurus kepesertaan Askes Rayi. Sekarang udah jadi BPJS Kesehatan. Kita keluarga PNS golongan lumayan disamain sama peserta Jamkesmas warga miskin. Udah ga bisa lagi reimburse biaya melahirkan. Mau daftarin Rayi tadi juga gagal gegara ruamenya kayak pasar jadi nomor antrian abis. Harus kesana pagi2 banget buat ambil nomor. Padahal dulu2 sepiii kantor Askes itu. Dan terus dijutekin sama mbak2nya. Disangka gw warga kurang mampu mau daftar Jamkesmas kali ya. Huh.

Bukan sok ngerasa kaya dan memandang rendah yang kurang mampu ya, cuma miris aja. Ya masak sih disamain plek plek gitu PNS sama yg lain. Di negara lain,misal Australia,yg namanya PNS ya profesional. Fasilitas kesehatannya malah melebihi yg swasta. Disini? Dianggap sama dengan warga kelas 2. Padahal mati2an kerja mengabdi pada negara. Ga becus dikit dimarahin rakyat. Padahal gaji PNS gak lebih banyak dari buruh pabrik. Kalo mau sejahtera punya tabungan lumayan dikira korupsi.

Kalo dulu orang pengen jadi PNS ngejar kepastian hidup setelah pensiun. Lumayan lho, dapet uang pensiun, trus kalo sakit ditanggung Askes. Alm. Papa kebantu banget dengan Askes nya dari sakit sampe meninggal ditanggung Askes dan kita dapet santunan ini itu ddari Asabri juga. Sekarang? Katanya covernya jauh berkurang, yg dulu bisa dibayarin Askes, sekarang nggak ditanggung. Biaya lahiran juga gitu, dulu bisa direimburse klo bukan di faskes Askes. Sekarang sama sekali gak bisa. Mau berobat or dirawat wajib di faskes Askes. Padahal potongan gaji buat Askes ini masih tetap sama kayak dulu. 5% dari gaji. Gak adil kan??

Gak kebayang deh sekarang klo ada yg sakit harus dirawat pake BPJS ini. Dulu jaman masih Askes aja gw kelimpungan nyari RS yg bs nampung suami yg udah darurat harus dirawat.krn DBD. Gimana sekarang coba. Tapi suami skrg udah punya asji yg ada askesnya sih. Cuma gw&anak2 blm tercover. Jadinya pengen beli askes murni aja atau nambahin rider suami. Tampaknya kalo sekarang2 ini hopeless ngandelin BPJS.

Kesimpulannya, jadi keluarga PNS tu kaga boleh sakit yee..

PS: gw bukan PNS sih...yg abdi negara tuh alm. Bokap, nyokap, suami, mertua, kakek, om, tante, sepupu dll jd berasa abdi negara jugak haha. Karena gw antimainstream jd ga mau jd PNS (kcuali PNS ngajar :p)

0 comments:

Post a Comment