Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
November 23, 2011

Raka 1 month old

Weight: 5100 gram
Height: 55 cm

Milestones:
  • beraatt!! mimi ASI kuat banget, kadang bisa sejam sekali dia minta mimi.. no wonder emaknya kurus kering ginih haha. Dari sejak lahiran saya udah turun 13.5kg sajah, mantap kan! Itu udah bonus 3.5 kg.. 0.5kg lg itu berat saya pas nikah loh.
  • ter-bau tangan! Ini yg paling rempong. Ya, Raka sama sekali nggak suka ditidurin di kasur sendirian. Huhuw. Walhasil saya harus gendong dia all the time :( Yah sebenernya seneng juga sih, kapan lagi gitu bisa gendong2 dia, kalo udah besar pasti gengsi dia deket2 mamanya. Mudah2an ga jadi manja. Gempor segempor2nya saya harus gendong dia terus, sampe2 tidur pun yah harus sama mamanya. Jadi dia tidur diatas perut saya (haloh jahitan!! ngilu2 deh), kalo nggak disamping, tapi tetep lengan saya harus jadi bantal. kalo nggak ngulet2 dan nangislah dia :( Jarang deh saya bisa tidur sendirian dengan tenang, curi2 tidur pas Raka ada diperut saya, dengan posisi tidur telentang atau setengah duduk (pegel kan). Padahal pengen tidur nyamping dan tengkurep.
  • Pendengarannya bagus. Suka kaget2 kalo denger suara, even yg ga terlalu keras. Paling sensitif sama batuknya oom-nya alias ade saya. Kasian haha.
  • Doyan ditengkurepin. Apalagi pas tidur. Ya ya, bahaya banget ya biarin bayi tidur tengkurep, takut napasnya ketutup dan amit2 jabang bayi deh.. So sue me, ini anak kalo tengkurep baru deh bisa tidur nyenyak (kadang2 yah, kalo lagi ga bau tangan!) jadi kalo tidur ya ditengkurepin. Kalo siang ya saya awasin, kalo malem, toh emaknya pasti bangun tiap 2 jam buat ngecek dia bangun apa ngga (udah otomatis nih jam-nya..) jadi mikirnya it's ok. Soalnya ya itu, klo tidur telentang yang ada dia melek terus, nangis, kalopun tidur, sambil ngulet2 dan mengeluarkan suara2 aneh yg serem. Mudah2an kalo udah besar dia bisa tidur telentang. 
  • Vocab suaranya banyak. Hehe. Sangat ekspresif deh dia dengan suaranya. Dari mulai desahan, geraman, ooh, aah, eh.. lucu pokoknya dengernya :)
  • Masih belum "liat" kayaknya. Kalo bangun, mata belonya kesana kemari, bengong liatin sesuatu tapi ga bisa fokus kalo kita deketin.
  • Oya, karena miminya kuat, otomatis kebelakangnya juga kuat. Gempooor lagi emaknya ganti2 popok. Apalagi dia disuspect kulit sensitif jd ga bisa seenaknya pake pospak. Etapi kalo malem tetep dipakein sih. Demi ketenangan tidurnya (ehm, maksudnya tidur emak bapaknya ^^) Yaa guilty lagi deh makein pospak. Pengen dipakein clodi, punya yg one-size ternyata bulky banget, ga tega liatnya. Masalah dipipisin, udah deh khatam saya. Tiap hari bisa 2-3 kali bahkan lebih. Tapi bakal bertahan dengan popok kain or celana pop, katanya bikin dia gampang toilet training. Tapi sumpah ya, kalo anak cowok itu kalo ga air mancur kemana2 ya pipisnya seriiing banget. Baru diganti, eh udah basah lagi -_-" Kalo BAB-nya skarang udah berkurang. Entah karena usia, atau karena saya berhenti makan susu, kacang, telor, seafood dll yg menyebabkan alergi.
  • Suspect alergi dia. Yah emang alergi sih kayaknya, belum tau persisnya apa. Saya disuruh stop makan susu, kacang2an, telor, seafood.. dan Raka berhenti pake kosmetik bayi, cuma dipakein Lactac*d dan krim buat bruntusan di muka dan badannya. Alhamdulillah udah mulai berkurang itu bintik2nya. Untung kemaren beli kosmetik/alat mandi yg ukuran mini. Ini berat banget buat ibunya tapi, ga bisa makan sushi, martabak, pempek (makanan2 yg diidamkan waktu hamil hikhiks), roti2 dan kue2 juga ga bisa karena ada telor dan susunya. Mudah2an ga selamanya ya nak, beberapa bulan kedepan pas udah kuat pencernaan dan daya tahan tubuhnya, semoga hilang alerginya.
Alhamdulillah overall dia sehat (kecuali alerginya itu) dan tumbuh berkembang sesuai usianya. Mudah2an terus sehat ya Nak.. Mama loves ya! :*

9 comments:

  1. eh haloo.. salam kenal (apa udah kenal jangan2??) :)
    baby photo-nya entar yahh, msh jelek2 nih photonya hehe.

    ReplyDelete
  2. deuh ci, baca pengalaman kamu ini jd mengingatkan masa-masa baru lahiran si kembar, mana kita samaan lagi di cesar n aku jg kedinginaaaan pisan diruang operasinya..tapi seru ya bulan-bulan pertama begadang..jd ga sabar nih pgn liat raka..

    ReplyDelete
  3. Wichiiiiiii *dadah2*
    mana poto si ganteng?? Penasaran nih sama mata belo nya :p
    Alerginya gmn bu? Duku jg nabil alergi dan aku disuruh pantang, dia bruntusan gt. Tapi udah pantang tetep aja dan sayang yaaa pantang2 pas msh asi eksklusif, jadinya cuek deh. Lagipula pas ke dr ahli alergi dimlimijati katanya kalo aai eksklusif ga akan alergi krn asi, kemungkinan krn faktir eksternal, cmiww ya :)

    ReplyDelete
  4. Oiyaa..udah 1 bulan dgn bb segitu dah bs pake clodi dong, biar ga bulky insertnya pake alas ompol aja chi, lumayan lah bs tahan 2 jam, daripada dipipisin mulu dan terganggu bobonya(maksudnya bobo emaknya :p)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. @Sapi: huhuu pii.. ga kebayang gue lo dua gitu bayinya, gw satu aja rempoong haha.. sujud sembah gw sama lo :D

    @Mer: haha iya nih belum ada foto yg bagus ah,cakepan asliny drpd fotonya :D

    sekarang udah kupakein clodi Mer, malah settinganny ud bukan yg small lagi, perutny udah endut dan pahanya besaar. tapi malem tetep masih pospak, soalny dia paling ga suka lembab dikit protes,pdhl kl pake clodi pasti ada lembab2 gitu kan.

    alerginya masih belum ketauan apa, iya curiga juga dari sprei/baju gw karena dia doyan tengkurep, soalny bruntusanny cuma dipipi. tapi ga tau jg krn pas gw pantang mknan itu, dia juga ilang bruntusanny.

    ReplyDelete
  7. Baru baca nih. Maaaakk, dipipisiin??? Dibokerinn??? Mampus aja gue, mungkin udah bisa dipastikan anak gue nanti jadi anak bapaknyaaa. Nete'in, ngajak jalan2, nyuapin, dll dll mah hayuuuk, tapi kalo dibokerinn huhuhuhu mana ku tahaaan....

    ReplyDelete
  8. Haha nanti juga pasti jadi biasa Nin..tiap anak pup aja gw liatin tuh warna, tekstur, volume, sampe baunya ya gw hirup2 takut ada kenapa2. Malah bapaknya Raka yang jijikan haha.

    ReplyDelete