Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
October 03, 2014

Refleksi 1 bulan kuliah Doktor

Alhamdulillah kuliah sudah berjalan sebulan.. ihh ga kerasa deh. Yaiyalah orang sibuknya kayak dikejar2 apaan. Awalnya culture shock. Waktu S2 kebetulan di Aussie, disana semua serba teratur, tugas dan buku udah jelas ditulis di silabus yang bisa didonlot dari web. Jadi udah fix itu tugas dan ujian apa aja dan kapan dikumpul. Nah disini semua serba mendadak dan express. Masuk kuliah blank karena gak dikasih silabusnya atau minimal bocoran buku yg harus dibaca. Selesai kuliah pertama langsung dapet tugas, review 3 buku sekaligus dijadiin makalah 10 halaman dalam 1 minggu. Iya, cuma dikasih waktu 6 hari buat baca 3 buku dan nulis 10 halaman. Belum lagi tugas dari kuliah lain. Jadi tugasnya suka2 dosennya gitu, dan rata2 deadline-nya seminggu. Sepaket biasanya, makalah dan presentasi. Modyarr kan.

Alhamdulillah karena emang suka bidangnya yah, jadi ga terlalu berat2 amat. Well, minggu pertama kaget sih, misuh2 ngambek sama Akang karena pas gw lagi berjibaku sama tugas doi enak tidur mulu. Malem tidur cepet, pagi bangunnya siang, eh pake tidur siang lagi. Sementara gw gak tidur, tetep harus ngurus anak2 dan ngajak main yg harusnya bisa sama Akang. Gimana gak murka gw. Haha.

Bolak-balik Pasar Minggu-Dramaga itu capek ternyata yaa. Padahal gw kuliahnya cuma 2 hari sih tapi jadinya padat. Dari pagi sampe sore di kampus. Awal2 kena macet Jalan Raya Dramaga itu nyiksa banget. Eh dikasihtau jalan pintas lewat kampung.. and I LOOOVE IT. Namanya jalan kampung ya sempit sih, tapi lumayan bisa 20-30menit hemat waktunya. Jadi rata2 perjalanan cuma sejaman lebih dikit. Tapi yang paling bikin betah lewat sini itu adalah ini:


Heaven yaa.. Bener2 perjuangan gw ke kampus antar kota antar propinsi mendaki gunung lewati lembaaah *nyanyi lagu Ninja Hattori* Tapi gw kan emang suka banget liat pemandangan ijo2 gini.. Dulu pas kuliah di Bandung juga kalo lagi suntuk itu mainnya kalo ga ke utara liat kebun teh ya ke selatan liat sawah di kampung Enin di Majalaya. Udah gitu seger lagi. Nah ini tiap hari liat beginian. Asli adeemm rasanyaa. *lopelope

Cuma ya terlanjur bilang ke Akang mau ngontrak. Lagian pilihannya pindah ke Cakung atau ngontrak di Bogor. Walopun di rumah sini udah nyaman, gw cuma tinggal belajar sama ngurus anak aja, makan aja masih numpang Mama *sungkemMama* Cuma klo disini anak2 ga berkembang dengan baik. Mbak yang ngasuh, walopun super baik dan talented dan sayang sama anak2 tapi kelewat sayang... gak bisa ngedisiplinin padahal toddler kan butuh dikontrol juga yak jangan semua diturutin. Yang ada gw jd bad cop, klo gw tegasin anak2 langsung ke mbaknya yg pukpukin. Udah gw bilang ke mbaknya supaya jangan digituin tapi mbaknya ga tega.. dan gw ga bisa maksa karena itu mbaknya Mama jadi yawis.. Anak2 bakal patah hati pisah sama Mbaknya dan gw deg2an gimana anak2 nanti tanpa mbak idola mereka but it's for the best kan ya.. Bismillah.

Akhirnya pada suatu Sabtu gw, Akang dan Raka ke Bogor nyari kontrakan. Sengaja nyarinya yg masih di kota tapi udah deket ke Darmaga. Antara Cimanggu atau Yasmin. Ndilalah jodoh di Yasmin, cuma liat 2 rumah doang padahal. Klo kata Akang mah emang klo jodoh ga kemana. Mudah2an jodoh ya.. duitnya udah lunas ditransfer ke yg punya kontrakan haha. Cerita tentang kontrakan menyusul.

Alhamdulillah lagi, barusan ke ATM duit beasiswa udah masuk. Jadi aja sms Akang minta norek-nya buat balikin duit yg gw pinjem buat nalangin ongkos gw selama kuliah krn duit belum turun. Huahahaha. Asa aneh nya. Padahal klo gw minta juga dikasih2 aja sih kan ya. Cuma karena keburu bilang minjem jadi harus dibalikin dong. Akang iya iya aja lagi.. kirain mau diikhlasin heuheheu

Kesimpulan*ini kebanyakan bikin paper dehh pake kesimpulan segalaa XD* Kuliah dengan 2 toddler ituhh capek makk.. Ada momen gw sambil nyusuin Rayi plus nyuapin Raka plus baca buku kuliah.. ato semalem Akang lembur jam 10 malem gw masih depan komputer sambil ngawasin 2 anak lagi main dan nonton entah kenapa pada gak tidur. Sedihnya waktu Rayi ultah jadi ga sempet bikin acara apa2, cuma beli kado dan kue aja. Raka juga ga tau nih dirayain apa ngga, niatnya mau barengan gitu cuma riweuh deh mikirin persiapannya... But we all have to face the consequences of our choices. Temen2 kuliah gw semua juga pengorbanannya luar biasa. S3 is no piece of cake. Apalagi gw beban nih dengan beasiswa gw gak cuma yang udah lolos trus dikasih duit. Diminta prestasi akademik dan non-akademik juga. Ditanya publikasi dll-nya. Jadi gw kudu mikir harus nulis2 dan dipublish jadi buku or di jurnal or koran apa gitu. Demi nusa bangsa dan masa depan negara dan keluarga yang lebih baik..... Semangaaattt...!!!

5 comments:

  1. Sissss,
    gimana deh bikin keder iniiii. Eike kan rencananya ntr mau S3nya pas pindah ke Bandung dan itu rencana mulianya kalo udah beranak dua. Kirain santai seus mau sembari anter jemput Kinay sekolah gitu maksudnya ahahaha. Kali aja kalo di SBM ga sebegitu padetnya ya seus *ngarep*

    ReplyDelete
  2. Err.. Gw ngebayanginnya di SBM malah lbh hectic ngga sih.. Yg S2 aja sibuk pan. Berat makk kuliah dgn 2 anak kicik2. Klo udh ga ada kuliah pun tetep sibuk kan disamping bikin disertasi hrs publish di jurnal nasional DAN internasional jugaa..

    ReplyDelete
  3. ini kebat kebit deh bacanya. ya Allah semoga dimudahkan rencana S2 gw someday. amiiinn

    ReplyDelete
  4. kunjungan perdana, salam perkanalan ya ^_^

    ReplyDelete
  5. luar biasa :) salam perkelanan y bu

    ReplyDelete