Copyright © wichiworld
Design by Dzignine
August 01, 2012

Raka dan Tante Dokter

Di usianya yang baru 9 bulan ini, Raka udah ikrib sama Tante Dokter. Selain karena jadwal imunisasi yang padat (ceileh) ternyata juga Raka lumayan ikrib sama common problems yang diderita bayi/anak (mari mewek dulu, hiks). Yep, Raka so far imunisasi lengkap (hamdalah) eh kecuali rotavirus (as explained before) dan campak (masih pending karena pas jadwalnya dia lg parah2nya batpil). Tapi so far udah kena batpil sekitar 3-4x (usia 4, 6, 8 dan 9 bulan) dari yg ringan (tanpa demam, batuk pilek ga heboh amat), moderate (demam 1-2malam, batuk pilek mayan deh) sampe berat (demam 7hari and still going on – yuk mewek lagi – dan batuk terparah ga berhenti udah berlanjut 2 minggu and still going on)… terus kena roseola infantum di 7 bulan, dan diare (12 hari diare, combo dengan batpil, keren ga tuh) di usia 8 bulan. Yuuukkk mewek lagiii….

 

Yah abis mau gimana lagi yah, kalo nyalahin diri sendiri, apalagi orang lain (mis: ART) atau lingkungan (which is the biggest culprit: Raka terpapar asap rokok, asap pembuangan sampah dari tanah kosong disebelah dan partikel debu dari yg lg bangun rumah persis di depan DAN di belakang rumah)… juga ga ada gunanya. Paling berdoa aja semoga Raka gedenya jadi kuat karena dari kecil badannya udah kerja keras bentuk antibodi untuk masa depannya.

 

Untungnya, my biggest support comes in the form of Raka’s pediatrician. Kalo kata orang, dia bener2 dokter yang “bisa diajak tango” urusan kesehatan anak. Dokternya RUM, tapi ga ekstrem juga. Kalau kita minta obat ya sama dia dikasih aja tapi kitanya diedukasi RUM dulu jadi kita tetep dikasih pilihan. Abis gw takut dokter yg RUM ekstrim itu judgmental, klo kitanya ga update info per-RUM-an, nanti kita dijudge bukan “smart parent” apalagi klo pake diomelin, hehe. Nah Tante Dokter ini enggaaa… kemaren liat Raka batpil parah dia ga tega, dia kasih tau emang ada obat pengencer dahak, ada juga dekongestan, tapi ga efektif untuk anak2. Dikasihtau kalo Raka emang kena virus, dan virus ga ada obatnya, ‘obat’ yg dipasaran cuma meringankan tp dia tetep ga rekomen. Terus gw tanya klo diinhalasi gimana? Katanya ya boleh kalo batuknya parah ky gini, sekalian diajarin sama fisioterapisnya gimana fisioterapi dirumah biar dahak keluar, tapi ujung2nya “tapi ga usah lah ya Bu…” apalagi pas gw cerita pernah sekali diinhalasi dan anaknya nangis kejer. “Oyaudah, kan sayang itu obatnya ga maksimal masuknya.”

 

Pokoknya puas kemaren konsultasi sama Tante Dokter diskusi panjang-lebar-tinggi enak bgt, pdhl itu pas Maghrib dan dokternya puasa tapi pasti belum makan. Raka pun ga rewel.. mungkin udah kenal sama dia kali ya. Dari pertama kali keluar dari perut, udah ketemu sama Tante Dokter ini. Jadi Tante Dokter juga hapal bgt sama Raka, tau kalo Kaysan emang dipanggilnya Raka, hapal kalo dia baru lahir kena reaksi alergi kulit, terus pernah sakit ini itu dan imunisasi lengkap, dan terakhir bilang “Pokokny dlm beberapa hari ini telpon atau sms saya aja, kasihtau gimana kondisi Raka sekarang udah baikan apa belum..” :’)

 

Akang kayaknya juga senang sama Tante Dokter, ujung2nya pulangnya dia bilang “Eneng sih, ga nurut sama Akang, dibilangin ke KMC aja…” karena beberapa hari sebelumnya kita konsul ke DSA di RS lain dgn pertimbangan biaya, udah googling katanya DSA tsb RUM, tapi malah ngeresepin dekongestan dan Raka dsuruh terapi inhalasi 4x. Yang mana trauma banget pas terapi inhalasi anaknya berontak dan nangis kejer. That was the longest 10 minutes of my life, ihiks. Sesudahnya emang dahaknya keluar sih, tapi ga signifikan sama effort-nya. Terus awal bulan kmrn pas diare Raka konsul ke DSA lain di KMC karena Tante Dokter lg cuti. DSA yg ini cukup RUM, Raka ga dkasih obat krn diarenya kmungkinan virus dan dikasih pengantar lab juga kalo diareny makin parah aja dsuruh tes darah dan fesesnya (which is membaik stlh dr dokter, jd ga perlu tes lab, yayy!!). Tapi pas liat growth chart dbilang Raka kmungkinan bisa defisiensi zat besi karena berat stagnan. Lahhh.. udah jelas2 disitu ada riwayatny klo Raka bolak balik batpil dan diare.. jadi naik turun beratnya. Klo kata Tante Dokter malah wajar banget klo sakit berat turun, trus pas sembuh dikejar lagi beratnya. Dan menurut Tante Dokter ini berat Raka bagus kok ada kenaikan.

 

In the end, like we love our obgyn Budokter, we love Raka’s pediatrician Tante Dokter. Masalahnya, dia cuma praktek di 2 tempat, satu di RSPP tapi weekdays pagi-siang (ga mungkin gw bolos ngantor), satu lagi di KMC pas jadwal pulang kantor DAN Sabtu. So what’s wrong with KMC? It’s great hospital, I went there often for the last 1.5 years and gave birth there, TAPIII… you know how much we spent for doctor’s consultation last night? 10% of my salary. Yup, 10 PERSEN DARI GAJI SAYA AJAAA!!!

 

Kesehatan itu mahal. Asuransi mana asuransiiiii???????

3 comments:

  1. Chiii,
    kenapa sih mesti nulisnya "10% of my salary"??? Kamu kan tauu aku mau tanya2 masalah biaya pasca melahirkan dll dll, sebagai sesama yang concern masalah beginian karenaaa GAK DICOVER (nasib suami usaha sendiri dan serikat pekerja kantoh fiuh!!!). Nah kalo begindang kan mau nanya jadi gak enak seus begimana sik hehehehe.

    Anyway, aku sepertinya jadinya di RSPI sajaa. Karena both ibunda dan suami prefer RSPI, KMC sepiiii katanya hahaha. Plus, Novin lebih suka Dr Fitriyadi. Plus, pas lihat harga KMC ih mahal yaaah neek, jadi lebih mahal dari RSPI bok!!!

    ReplyDelete
  2. wichiii...
    dsa nya sama siapa di kmc?
    lg nyari ni buat dsa nya kinan...kmrn lahiran di bdg soalnya hehehe

    kabarnya biaya dokter naik ya??
    huhuhu bisa-bisa makin gak terjangkau ini mah :(

    ReplyDelete
  3. Ninta: niin ga enak gimanaa..ga ngerti gw. Kan kmrn bayar pk uang sendiri jg,krn blm dicover asuransi soalny blom didaftarin. Jd mahaaall bgt hiks

    Tp gw baca d terms&conditions kontrak kerja jg kl khamilan ga dcover,lahiran jg cm dkasih cash seiprit T_T

    Iya kmrn gw bawa Raka k RSPP n takjub liat besarnya..scara biasany k KMC yg mini hehe

    Lomi: Raka DSAny dr.Margareta..so far kita cocok bgt sm dia. Iya KMC naik jd 300rb hiks.

    ReplyDelete